ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. SIERAD PRODUCE TBK

Muliahadi Tumanggor, Andika Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Sierad Produce, Tbk ditinjau dari likuiditas dan profitabilitas berdasarkan laporan keuangan perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur rasio likuiditas antara lain current ratio, quick ratio dan cash Ratio sedangkan untuk mengukur rasio profitabilitas alat analisis yang digunakan antara lain, net profit margin, return on equity dan return on investmen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskritif Kuantitatif yaitu melakukan pengolahan data-data Financial sebuah perusahaan dalam bentuk Laporan Keuangan yang menghubungkan antara jumlah tertentu dengan jumlah yang lain. kemudian dilanjutkan dengan melakukan anaisis.
Hasil penelitian analisis kinerja perusahaan PT. Sierad Produce, Tbk, selama enam tahun ditinjau dari aspek rasio likuiditas menunjukkan nilai rata-rata current ratio sebesar 126.86%, quick ratio sebesar 77,94% dan cash ratio sebesar 45.92%. Dilihat dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat perusahaan berada dalam kondisi kurang sehat karena tingkat likuiditas tersebut belum mencapai standar industri, sehingga kinerja keuangan perusahaan pun dalam kategori kurang sehat. Dan hasil analisis profitabilitas menunjukkan nilai net profit margin sebesar -2,53%, return on investment sebesar -1.53% dan return on equity sebesar -7.33%. Dilihat dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat perusahaan berada dalam kondisi kurang sehat karena tingkat profitabilitas belum mencapai rata-rata industri.
Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, dan Kinerja Keuangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.