PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN GO-JEK DI WILAYAH PAMULANG TANGERANG SELATAN

Erlita Kurniawaty, Nur Subekhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen pengguna Jasa layanan Go-jek di wilayah Pamulang, Tangerang Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan menyebarkan kuesioner kepada konsumen PT. Go-jek Indonesia di kelurahan Pamulang Barat dan Benda Baru, kecamatan Pamulang, kota Tangerang Selatan. Penarikan sampel menggunakan rumus Slovin. Jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan uji simultan.
Berdasarkan uji statistik deskriptif menunjukan bahwa kualitas pelayanan PT.Go-jek Indonesia dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata sebesar 4,195, harga dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,045, serta kepuasan konsumen dalam kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata sebesar 4,225.Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukan oleh persamaan regresi linear berganda Y = 6,332 + 0,16 X1 + 0,28 X2 . Hasil uji koefisien korelasi berganda nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari 0,05 dan besaran nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,548, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara variabel X terhadap variabel Y, nilai koefisien korelasi sebesar 0,548 yang berarti tingkat korelasi dalam kategori sedang. sedangkan kontribusi kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,300 atau 30%, sedangkan 70% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi pada variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 0.01 < 0.05, dan t hitung (3,555) > t tabel (1,988) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan nilai signifikansi pada variabel harga (X2) sebesar 0.02 < 0.05, dan t hitung (3,182) > t tabel (1,988) dapat disimpulkan terdapat pengaruh variabel harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji simultan, nilai F hitung (20,802) > F tabel (3,09) dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.