ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM

Sulistiyani Sulistiyani, Setiyanto Setiyanto

Abstract


Strategi pemasaran mempunyai peran penting bagi UMKM. Peran penting dari strategi pemasaran yang tepat akan mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan UMKM. Dalam upaya menuyusun strategi pemasaran dibutuhkan informasi yang lengkap berkaitan dengan pasar, konsumen maupun produk yang dibutuhkan. Tidak adanya informasi yang mendukung dalam penentuan strategi pemasaran tentu saja membuat UMKM sulit bersaing. Ketika UMKM tidak mampu bersaing maka keberlangsungan keberlangsungan UMKM akan terancam bangkrut. Penentuan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM sangat dibutuhkan. Dalam penentuan strategi membutuhkan informasi yang akurat berkaitan dengan pasar, produk yang dibutuhkan konsumen serta informasi internal dari UMKM. Informasi internal dari pelaku UMKM yang akan dikupas dalam penentuan strategi pemasaran.

Adapun perumusan masalah dalam penelitan ini adalah sebagai berikut: “Bagaimana strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM”. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: “Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM”.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan dekriptif dengan metode kualitatif dimana dilakukan dengan cara mencari hubungan secara menyeluruh dan teliti dari suatu keadaan, kemudian untuk merumuskan data yang ada sehingga memberikan gambaran dan informasi yang jelas mengenai kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman serta masalah daya saing yang kemudian disajikan dengan analisis SWOT sebagai cara untuk merumuskan strategi pemasaran bagi UMKM.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing UMKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.