ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

Eti Hayati, Imam Fitri Rahmadi, Aulia Nursyifa

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) calon guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Analisis TPACK merupakan salah satu penelitian awal yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan jangka panjang. Penelitian dilakan dengan metode survei dalam bentuk pengukuran diri sendiri atau self report-measure. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan tingkat penguasaan TPACK calon guru PPKn pada program studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang pada program reguler A, B, dan C. Penelitian direncanakan untuk dilakukan selama 8 bulan. Sampel penelitian sebanyak 300 mahasiswa calon guru PPKn semester 7 dan 8. Penelitian dapat bermanfaat sebagai refleksi dan evaluasi diri bagi program studi PPKn dan berbagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lainnya dalam penyelenggaraan pendidikan calon guru yang sesuai dengan model pembelajaran abad 21. Penelitian ditargetkan untuk dapat menghasilkan luaran berupa 3 artikel ilmiah yang direncanakan dimuat pada; 1) jurnal nasional ber-ISSN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (e- ISSN: 2621-346X, p-ISSN: 2302-0865); 2) jurnal nasional terakreditasi: Jurnal Pendidikan Indonesia ( e-ISSN: 2541-7207, p-ISSN 2303-288X; 3) Jurnal internasional terindeks Scopus: Australian Journal of Teacher Education, dan invited speaker dalam temu ilmiah, yang mana semua luaran ditargetkan untuk dapat dicapai akhir tahun 2019. Tingkat kesiapan teknologi (TKT) penelitian ditargetkan pada TKT jenis sosial humaniora dan pendidikan pada level 3 yaitu rancangan dan metode penelitian tersusun komplit. Hasil penelitian dapat berkontribusi terhadap bidang ilmu teknologi pendidikan dan pembelajaran terkait profil pengetahuan TPACK yang dikuasasi oleh calon guru PPKn untuk dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PPKn pada abad 21 dengan efektif.

Kata-kata kunci: Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), Analisis TPACK, Calon Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.