KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA RW 02 KELURAHAN KEBAGUSAN KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN

Imam Sofii, Euis Nessia Fitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinyapenyalahgunaan narkoba, untuk mengetahui kontribusi apa saja yang telah diberikanpara orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam kepadaputra/putrinya dan untukmengetahui factor pendukung dan penghambat para orang tua dalam melakukan pencegahan terjadinya kasus narkoba.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis case study. Jenis penelitian ini untuk dapat mengembangkan metode kerja yang efektif, yaitu agar dapat melakukan telaah secara mendalam tentang kasus yang ada serta dapat dilihat dengan jelas pada remaja di RW 02 Kelurahan Kebagusan Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun dalam pengolahan data dan analisis data menggunakan content analysis.

Hasil dari penelitian ini adalah faktor terjadinya penyalahgunaan narkoba, karena remaja diwilayah RW 02 Kel. Kebagusan belum mendapatkan informasi tentang narkoba secara lengkap,ada remaja yang menjadi korban narkoba. Para remaja juga mengetahui bahwa hukum narkoba dalam pandangan Islam adalah hukumnya haram. Langkah-langkah yang sudah di tempuholeh para orang tua adalah : Memberikan penyuluhan dan pengarahan tentang narkoba.Kemampuan para tokoh masyarakat, ustadz, aparat pemerintah dan para orang tua dalam menyampaikan pesan-pesan Islam secara menarik kepada remaja serta memberikan sanksi hukuman yang diberikan kepada remaja yang melakukan pelanggaran melalui pembinaan yang sifatnya psikis (mendidik).

Kata kunci : Kontribusi, PAI, Narkoba, Remaja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.