APLIKASI GUDANG BARANG JADI APLIKASI GUDANG BARANG JADI BERBASIS WEB PADA PT. INDOGRAVURE WEB PADA PT. INDOGRAVURE

Lukmanul Hakim Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah proses penginputan dan pengelolaan data barang agar menghindari terjadinya stock minus pada gudang barang jadi PT Indogravure. Penelitian ini melakukan perancangan aplikasi pada gudang barang jadi dengan berbasis web.

Sampel penelitian ini adalah pada gudang barang jadi PT Indogravure. Spesifikasi perangkat keras yang digunakan pada penelitian ini adalah  komputer dual core-2328 M CPU @2,20 GHz, 2,20 GHz, Monitor ACP x 86 –based, Memory DDr 2 GB, Harddisk 160 GB HDD,mouse, keyboard dan Monitor. Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk perancangan aplikasi ini adalah sistem operasi windows xp, windows 7, windows 8, windows 10, notepad++, google chrome versi 58.8.3029.81 untuk menjalankan program aplikasinya,dan MySQL sebagai data based menggunakan aplikasi xampp v3.2.1 server.

Hasil penelitian berdasarkan pengujian sistem dengan teknik penggujian black boxmenunjukkan bahwa test case untuk form kategori barang, form barang, form user dan form customer sesuai dengan kategori hasil yang diharapkan. Selain itu form barang masuk, form barang keluar, form barang stock, form laporan barang masuk, forrm laporan barang keluar, form laporan stock, form barang, dan form laporan customer juga sesuai dengan kategori dari hasil yang diharapkan. Berdasakan hasil penelitian tersebut maka perancangan aplikasi gudang barang jadi berbasis web dapat digunakan untuk memudahkan user mengidentifikasi sisa ataupun  jumlah produk yang ada di gudang dan dapat memonitor jumlah stock secara real time.

Kata Kunci: aplikasi stock, gudang barang jadi, aplikasi gudang barang jadi berbasis web

 


Full Text:

PDF

References


Agusvianto, Hendra, (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus: PT Alaisys Sidoarjo, Journal Informastion Enggineering and Educational Technology, ISSN: 2549-869X Vol 1 Nomor 012017.

Heryanto, Agus, Hilmi Fuad, Dani Dananggi, (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus Di PT Infinetwork Global Jakarta, Journal Sisfotek Global, ISSN: 2088-1762 Vol 4 No 2.

Kustanto dan Yulius Wahyu Kritianto, (2014). Siste, Data Inventory Berbasis WEB, Duta.com, ISSN: 2086-9436 Vol 7 Nomor 2.

Salimun, S., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Hasim, D., Kusumo, N., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Pada S Plus Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sanjaya, R. (2009). Membuat Laporan PDF untuk Aplikasi Web dengan Php 5.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Shalahuddin, M., & Rosa, A. (2011).Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak(Terstruktur dan Berorientasi Objek).

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Yogyakarta: ANDI.

Sudarsono, Nono dan Sukardi, (2015). Sistem Informasi Inventory Berbasis Web di PT Autotech Indonesia. Journal Eksplora Informatika – Vol 5 No 1.

Sukamdana, Boegi, (2011). Perancangan Sistem Informasi Inventory Berbasis Web Pada PT Citra Gemilang Prima, Journal Sistem Informasi, Universitas Esa Unggul.

Surendro, K. (2009). Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika Bandung.

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.