PERAN VOCATIONAL TRAINING CENTER DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN

Authors

  • Ilham Gemiharto Universitas Padjajaran
  • Hadi Suprapto Arifin Universitas Padjajaran

Abstract

ABSTRAK

 

Kemiskinan merupakan masalah serius dan berkelanjutan di Indonesia, saat ini jumlah penduduk miskin di Indonesia masih cukup tinggi, yakni sekitar 10,86%. Menurut Badan Pusat Statistik Nasional, jumlah penduduk miskin pada bulan Maret 2016 mencapai 28 juta orang. Kondisi kemiskinan di seluruh perkotaan di Indonesia umumnya hampir sama, termasuk di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 31.780 orang atau 6,7% pada tahun 2016.   Salah satu upaya pemberantasan kemiskinan di perkotaan adalah dengan peningkatan keterampilan melalui pendidikan non formal dengan konsep Vocational Training Center atau Pusat Pelatihan Keterampilan.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran Vocational Training Center dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan teknik analisis data deskriptif, dengan informan penelitian adalah pemuda-pemudi putus sekolah, penyelenggara lembaga keterampilan, lembaga swadaya masyarakat dan para pejabat terkait.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya Vocational Training Center di Kota Cimahi yang didukung oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskoperindagtan)  dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Cimahi telah berperan cukup signifikan dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin di Kota Cimahi.    

Kata kunci: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Vocational Training Center, Masyarakat Miskin Perkotaan, Kota Cimahi.

Downloads

Published

2017-12-08