ANALISIS KEBIJAKAN MODAL KERJA DAN KEBIJAKAN PIUTANG SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEROLEHAN LABA DAN DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Studi Empiris Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia )

Habibah Habibah, Gustian Djuanda, Khayatun Nufus

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Kebijakan Modal Kerja dan Kebijakan Piutang serta pengaruhnya terhadap perolehan laba dan dampaknya terhadap nilai perusahaan pada seluruh Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di BEI sebanyak 11 perusahaan. Dan setelah dilakukan seleksi ( purposive sampling ), sampel yang dipakai adalah 5 perusahaan Sub Sektor  Farmasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2009 sampai  dengan tahun 2016.

Metode penentuan sampel yang dipakai adalah metode purposive sampling dan uji statistik dengan menggunakan uji regresi data panel model Fixed effect. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan kegiatan pengumpulan dokumen dari sekunder laporan keuangan perusahaan.

            Hasil penelitian bahwa kebijakan Modal kerja yang diterapkan perusahaan menerapkan kebijakan Konservatif dan Kebijakan Modal kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Perolehan Laba dan Kebijakan Piutang tidak berpengaruh terhadap perolehan laba sedangkan Perolehan laba bepengaruh secara siginifikan terhadap nilai perusahan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, current assets to total assets dan current liabilities ratio, Perputaran Piutang dan Jangka Waktu Pengumpulan Piutang sedangkan Variabel Dependen Retrun on Asset dan nilai Perusahaan Price Earning Ratio.

Kata kunci : Kebijakan Modal Kerja, Kebijakan Piutang, Laba dan  Price Earning Ratio 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.