THE EFFECTS OF PERCEPTION USING AUTHENTIC MATERIAL AND LEARNING AUTONOMY TOWARDS STUDENTS’ COLLOCATION AWARNESS

Wawat Srinawati

Abstract


ABSTRACT

 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa secara empirik, effek pada persepsi siswa dalam menggunakan materi otentik dan siswa yang belajar secara otonom terhadap kesadaran kolokasi siswa. Populasi untuk penelitian ini diambil dari siswa sekolah menengah kejuruan swasta di  Bogor. Sampel dipilih secara random , yang berarti bahwa peneliti mencampur   subjek didalam populasi sehingga mereka akan dianggap sama. Penelitian ini mempunyai 3 variable, yang terbagi atas 2 independen variable (persepsi siswa yang menggunakan materi otentik dan siswa yang belajar secara otonom) dan 1 dependen variable (kesadaran kolokial belajar siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan kuestioner dan uji yang objektif untuk kedua variable (independen dan dependen variable). Data yang didapat ini kemudian dianalisa dengan menggunakan korelasi dan regresi berganda. Sebelumnya melakukan uji regresi, telah dilakukan uji prasyarat, seperti uji normalitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian ini: 1) Ada efek yang signifikan pada persepsi siswa yang menggunakan materi otentik dan siswa yang belajar secara otonom secara bersama-sama terhadap kesadaran kolokial siswa yang dibuktikan dengan Fo = 42.383 dan Sig.=0.000 < 0.05; 2) Ada efek yang signifikan pada persepsi siswa yang menggunakan materi otentik terhadap kesadaran kolokial siswa yang dibuktikan dengan to = 4.889 and Sig.=0.000 < 0.05; 3) Ada efek yang signifikan pada persepsi siswa yang belajar secara otonom terhadap kesadaran kolokial siswa yang dibuktikan dengan to = 5.188 and Sig.=0.000 < 0.05. Ini artinya bahwa kesadaran kolokial belajar siswa sangat dipengaruhi oleh persepsi siswa yang menggunakan materi otentik dan siswa yang belajar secara otonom.

 

Keywords: collocation awareness, autonomous learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.