PENGARUH REDENOMINANSI TERHADAP KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Cut Nuraini

Abstract


ABSTRAK
Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh redenominasi terhadap sikap bahasa Indonesia di kalangan mahasiswa PBSI FKIP Unsika. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahasa Indonesia saat ini semakin tersudutkan oleh bahasa asing di negaranya sendiri. Alih-alih menyelaraskan dengan berkembangnya era globalisasi dan berlangsungnya MEA, bahasa Indonesia semakin hari semakin terkikis. Disadari atau tidak, banyak layanan masyarakat yang lebih kita kenal dengan istilah asing daripada istilah dari bahasa. Redenominasi merupakan salah satu bentuk ancaman dari perkembangan budaya asing dalam bentuk istilah.
Dari tujuh pedagang yang berada di kantin FKIP Unsika, tiga diantaranya menerapkan redenominasi pada penulisan daftar harga yang terdapat di dalam menu produk yang dijualnya. Hal tersebut mendorong rasa ingin tahu yang sangat tinggi tentang kedudukan redenominasi di kalangan mahasiswa PBSI FKIP Unsika ini menjadi ancamankah atau hanya menjadi tambahan wawasan saja?
Dengan menggunakan assesment penilaian sikap dari ranah kognitif dan afektif, didapat hasil bahwa dari hasil analisis, terbukti mahasiswa PBSI FKIP Unsikaa sangat menjunjung tinggi rasa kebanggaan atas bahasa Indonesia. Redenominasi hanya menjadi pengetahuan tambahan atas perkembangan bahasa yang masuk ke Indonesia. Namun,dengan penguasaan dan pemahaman yang cukup tinggi terhadap bahasa Indonesia yang baku baik dan benar, hal tersebut akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan menjadi mpengaruh apapun.

Kata Kunci: Redenominasi, Sikap Bahasa, Kebakuan Bahasa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.