STRATEGI PERMAINAN CATALISTING BERORIENTASI KECERDASAN LINGUISTIK (PC-KL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS

Nofiyanti Nofiyanti, Sary Sukawati, Ai Siti Zenab

Abstract


ABSTRAK
Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru/dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal adalah pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Dalam proses pembelajaran guru/dosen sangat dituntut untuk berinovasi dalam mendesain sebuah pembelajaran agar hasil yang diharapkan bisa tercapai secara maksimal. Strategi Permainan Catalisting Berorientasi Kecerdasan Linguistik (PC-KL) adalah sebuah inovasi pembelajaran dalam pengembangan keterampilan menulis siswa. Stratregi ini memiliki empat unsur pokok, yaitu: 1) Menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. 2) Membangun keterlibatan aktif seluruh siswa dalam proses pembelajaran. 3) Membangun keterampilan menulis kreatif siswa. 4) Mengembangankan kecerdasan linguistik yang dimiliki siswa. Dengan berdasar pada hal tersebut, dalam tulisan ini akan dikemukan Strategi PC-KL jika dilihat dari: 1) Konsep dasar, 2) Hakikat dan tujuan, 3) Langkah-Langkah PC-KL dalam pembelajaran menulis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.