PENGARUH PERUBAHAN TINGKAT SUKU BUNGA BANK INDONESIA DAN PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH PADA US DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM-SAHAM LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Eni Puji Astuti universitas pamulang
  • Rika Ardila universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/skt.v2i3.2792

Abstract

Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh perubahan antara tingkat suku bunga bank Indonesia dan nilai tukar rupiah pada US Dollar  terhadap harga saham – saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009  - 2015 secara simultan.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang sahamnya tergabung dalam indeks LQ45 di BEI selama periode penelitian 2009 sampai dengan 2015. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang sahamnya tergabung dalam indeks LQ45 di BEI yang dipilih dengan metode purposive sampling. Kriteria pemilihan sampel penelitian yaitu perusahaan yang aktif tercatat / terdaftar sebanyak empat belas (14) kali secara berturut – turut di Indeks LQ45 selama periode penelitian 2009 – 2015 jumlah sampel yang masuk kriteria penelitian adalah sebanyak 20 perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ45. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik melalui pendekatan Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, Uji Parsial T dan Uji Simultan F dan selanjutnya akan dianalisis hasil regresi tersebut.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Suku Bunga Bank Indonesia dan nilai tukar rupiah pada US Dollar secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Harga Saham – saham LQ45  Nilai Tukar Rupiah pada US Dollar secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Harga Saham – saham LQ45  Suku Bunga Bank Indonesia dan Nilai Tukar Rupiah pada US Dollar secara simultan bersama – sama tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Harga Saham – saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009 sampai dengan 2015.

Downloads

Published

2019-05-01