Dampak Aspek Capital, Assets, Earning, dan Liquidity Pada Kesehatan Keuangan Perbankan

Authors

  • Marliza Noor Hayatie Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Widiya Astuti Alam Sur Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Muhammad Shapiq Gautama Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.32493/skt.v4i1.5659

Keywords:

Rasio Keuangan, Laporan Keuangan, Return On Assets, Perbankan

Abstract

Perbankan memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian dalam perannya di sebuah negara, sehingga bank dijadikan gambaran kemajuan sebuah negara. Rasio yang digunakan untuk menilai kesehatan keuangan perbankan pada penelitian ini adalah CAEL (Capital, Assets, Earning, Liquidity). Salah satu indikator yang dipakai untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan suatu bank adalah Return On Assets (ROA). Data kuantitatif dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rasio BOPO (Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional) dari aspek pendapatan, lebih dominan pengaruhnya terhadap Return On Assets (ROA) jika dibandingkan dengan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio) dari aspek permodalan, Rasio NPL (Non Performing Loan) dari aspek harta, Rasio LDR (Loan to Deposit Ratio) untuk aspek likuiditas.


Author Biographies

Marliza Noor Hayatie, Politeknik Negeri Tanah Laut

Program Studi Akuntansi

Widiya Astuti Alam Sur, Politeknik Negeri Tanah Laut

Program Studi Akuntansi

Muhammad Shapiq Gautama, Politeknik Negeri Tanah Laut

Program Studi Akuntansi

References

Alexandri, M. B. (2008). Manajemen Keuangan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Darmawi, H. (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fahmi, I. (2012). Analisa Kinerja Keuangan , Panduan bagi Akademisi , Manajer, dan investor untuk menilai dan menganalisis bisnis dari aspek keuangan. Jakarta: Alfabeta.

Harahap, S. S. (2011). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harmono. (2011). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard : Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis (1, ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Kadim, A., Sunardi, N., & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy. Accounting, 6(5), 859-870.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Leverage Implikasi Terhadap Nilai Perusahaan Cosmetics and Household yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(1), 22-32.

Karunia, C. (2013). Analisis Pengaruh Rasio Capital, Asset Quality dan Liquidity Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–17.

Kasmir. (2011). BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lely. (2007). Evaluasi Pengaruh CAMEL Terhadap Kinerja Perusahaan. Buletin Studi Ekonomi, 12(1).

Pandia, F. (2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Rindjin, K. (2008). Pengantar Perbankan Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (2nd ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rindjin, K. (2012). Pengantar Perbankan dan Keuangan Bukan Bank. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rudianto, E. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan strategis. Jakarta: Erlangga.

Setiawan, L. (2015). Pengaruh Rasio Camel Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Yang Diukur Dengan Return On Assets (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2013). Journal Of Accounting, 1(1), 1–28.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (8th ed.). Yogyakarta: Ekonosia.

Sunardi, N. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Firm Size, Risiko Bisnis, Asset Growth, Leverage, Kebijakan Dividen Terhadap Institutional Ownership (Perusahaan Property & Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011–2014). INOVASI, 2(2).

Sunardi, N. (2020). Kesehatan Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan metode Risk Based Bank Rating (RBBR). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(2), 132-147.

Sunardi, N., & Febrianti, F. (2020). Likuiditas dan Kebijakan Hutang Pengaruhnya terhadap Kinerja Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Sektor Telekomunikasi di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(3).

Veithzal, R. dkk. (2013). Credit management handbook manajemen perkreditan cara mudah menganalisis kredit. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-09-07