The Effect Of Product Quality On Buying Decision at PT. San Miquel Pure Foods Indonesia

Mahnun Mas'adi, Wawan Supriyatna, Widya Intan Sari, Riri Oktarini, Aris Ariyanto

Abstract


This research aims to determine the effect of product quality on buying decisions at PT. San Miquel Pure Foods Indonesia. The method used is explanatory research with a sample of 60 respondents. The analysis technique uses statistical analysis with regression testing, correlation, determination and hypothesis testing. The results of this research variable product quality obtained an average score of 3,740 with good criteria. The buying decision variable obtained an average score of 3.785 with good criteria. Product quality has a positive and significant effect on buying decisions with the regression equation Y = 11.936 + 0.693X, and a correlation coefficient value of 0.791 or has a strong level of relationship with a determination value of 62.6%. Hypothesis testing obtained a significance of 0.000 <0.05.

 Keywords: Product Quality, Buying Decisions.


Full Text:

PDF

References


Algifari, 2010. Analisis Regresi”, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, 2009. “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa”, CV. Alfabetha, Bandung.

Anggita Rizana Aulia, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, harga,dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan minat beli ulang sebagai variabel intervening pada Shibuy Resto Citraland Semarang”, Tesis, 2014.

Anoraga Panji, 2009. Psikologi Kerja”, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2010.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofian, 2008. “Manajemen Produksi Dan Operasi“, LPFE Universitas Indonesia, Jakarta.

Ayu Hapsari Narendra Putri, “Pengaruh Harga, Kompetitif, Lokasi dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang dan Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan”, Universitas Diponegoro, Tesis. 2013.

Babin, Zikmund, 2011.“Menjelajahi Riset Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Penerbit Salemba empat. Jakarta.

Cannon, Perreault & McCarthy, 2009.“Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global”, Buku kedua, Edisi enam belas, Jakarta.

Chandra, Gregorius, 2011. “Strategi Dan Program Pemasaran”, Andi Offset, Yogyakarta.

Erlangga, H. (2020). The Challenges of Organizational Communication in the Digital Era. Solid State Technology, 63(4), 1240-1246.

Erlangga, H., Sifatu, . W. O., Wibisono, . D., Siagian, . A. O., Salam, . R., Mas'adi, . M., Gunartin, ., Oktarini, . R., Manik, . C. D., Nani, ., Nurhadi, . A., Sunarsi, . D., Purwanto, . A. & Kusjono, . G. (2020) Pharmaceutical Business Competition in Indonesia: A Review. Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (10), 617-623. doi:10.31838/srp.2020.10.92

Eva Sheilla Rahma, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Telepon Seluler di Kota Semarang”, Tesis, 2007.

Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek Dan Psikologi Konsumen”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Firda Fadilah, “Pengaruh Kualitas pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Diva Karaoke, Tesis, Universitas Brawijaya, Malang, 2015.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Handi Chandra, 2008. rinsip Kepuasan Nasabah”, Cetakan kelima, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hasan, Ali, 2009. Marketing”. Media Utama, Yogyakarta.

Hasibuan, SP, 2012. “Dasar-dasar Perbankan”, Haji Masagung, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2010. “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen”, CV. Alfabetha, Bandung.

Imam Heryanto, “Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Minat Beli dan Berdampak pada Kepuasan Pelanggan”, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Enterpreneurship, Vol.9.No.2 Oktober 2015,80-101 ISSN 2443-2121, 2015.

Iriane Catherina Natalia Telan, “Analisis Pengaruh Faktor Teknologi, Kualitas Layanan, dan Fokus Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Elrina di Semarang”, Tesis, 2011.

Istijianto, 2009. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaran”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kasmir, 2010.“Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya”, Edisi Keenam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Keller dan Amstrong, 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaran”, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2012.“Manajemen Pemasaran”, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller, 2012.”Manajemen Pemasaran”, PT Macaman Jaya Cemerlang, Jakarta.

Laksana, Fajar, 2013. “Manajemen Pemasaran”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Lovelock & Wright, 2012. “Principle of Services Marketing And Management”, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey, USA.

M.F.Shellyana J & H.Hidayat, 2007. “Hubungan Antara Persepsi Harga Konsumen Dan Konsep Pemasaran Terhadap Produk Merk Toko”, Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan, Jakarta.

Marknesis, Tim, 2012.“Customer Satisfaction and Beyond”, Marknesi, Yogyakarta.

Ningsih, “Analisis Pengaruh Pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan pada Convience Store Sevel Ciputat”, 2014.

Nuryani,Y. D Sunarsi. (2020). The Effect of Current Ratio and Debt to Equity Ratio on Deviding Growth. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi) 4 (2), 304-312.

Perundangan

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Safroni, Ladzi, 2012.“Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia”, Aditya Media Publishing, Surabaya.

Saladin, Djaslim, 2012. ”Manajemen Pemasaran”, Linda Karya, Bandung

Sarwono, Jonathan, 2012.“Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Simamora, Bilson, 2009. “Panduan Perilaku Konsumen”, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Simamora, Bilson, 2012.“Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2012 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.

Suryadi, Didih, 2011.“Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan” PT. Suka Buku, Jakarta.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, 2005. “Manajemen Pemasaran Moderen”, BPFE, Yogyakarta.

Syofian Siregar, 2010. “Statistika Deskriptif Untuk Penelitian”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2007.“Pemasaran Jasa”, Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy. 2009. “Pemasaran Jasa”, Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

Umar, Husen, 2008. “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2008.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992, tentang asuransi dan pertanggung jawaban perjanjian asuransi.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaran”, Amoro book, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

iconisjd150

 

MAILING ADDRESS

Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang
Tangerang Selatan, Banten, 15417
Tlp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +62 812-8376-8807
E-mail: humanisproccedings@gmail.com

Based on a work at http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH

Pengunjung:

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.