RANCANG BANGUN KENDALI CAHAYA PROJECTORLAMP SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN SENSOR MPU6050 BERBASIS ARDUINO DAN IOT

Authors

  • Dimas Nuri Bayu Putra Universitas Pamulang
  • Munaldi Munaldi Universitas Pamulang

Keywords:

MPU6050, MikroKontroler, IoT, Sepeda Motor

Abstract

Teknologi lampu utama pada kendaraan bermotor terus berkembang dari waktu ke waktu. Kehadiran Projectorlamp merupakan solusi bagi pengendara bermotor yang ingin penerangan sepeda motornya menjadi lebih baik dari Headlamp Reflector pada umumnya. Namun projectorlamp pada sepeda motor terutama masih harus dikembangkan lebih lanjut. Cahaya projectorlamp yang melebar merupakan salah satu kelebihan dan juga termasuk kekurangan. Hal tersebut akan berakibat cahaya pada bagian pinggir akan mengenai pengendara yang ada dilawan arah ataupun orang yang ada ditrotoar. Metode penelitian yang digunakan untuk membuat alat kendali Cahaya Projectorlamp berbasis Arduino dan IoT adalah metode R&D (Research and Development). R&D adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru ataupun menyempurnakan produk yang telah ada. Penelitian ini akan membuat projectorlamp pada sepeda motor dapat membuka dan menutup cahaya secara otomatis ketika kendaraan menikung atau berbelok, mengatur ketinggian cahayanya dan juga terdapat sistem monitoring suhu dan kendali output cahaya projectorlamp menggunakan smartphone. diharapkan rancangan kendali cahaya projectorlamp pada sepeda motor ini dalam membuat pengalaman berkendaran dimalam hari menjadi lebih nyaman dan aman bagi pengendara itu sendiri atau pengendara lainnya.

References

Prof. Dr. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA. CV.Bandung.

Rahul roy. (2018). Perancangan Alat Pengendali Peralatan Listrik Rumah Tangga Berbasis IoT dengan Mikrokontroller. Universitas Medan Area.

Dede, I. S., Isti, M. F. & Yuda, B., Z. (2019). Perancangan Sistem Pemantau dan Pengendali Alat Rumah Tangga menggunakan Nodemcu. Politeknik Sukabumi.

J. Mandey, M. Simbolon. (2018) Kontrol Lampu Rumah Berbasis Smartphone Androidhome Based Smartphone Controls Android Smartphone.

Pertamana, Erlian Renalda. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN SEPEDA MOTOR BERBASIS ARDUINO DAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM). Stikom Surabaya.

E. Saputro. (2016). Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis menggunakan E-KTP Berbasis Microkontroler ATMega328. Universitas Negeri Semarang.

D. Aji. (2018). Sistem Pengaman Sepeda Motor Dengan Kombinasi Tombol Menggunakan Teknologi Android Berbasis Arduino Bluetooth. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anonim (2015). Penjelasan Fitur Headlamp Projector. https://www.hondacengkareng.com/penjelasan-fitur-headlamp-projector/ diakses pada tanggal 1 maret 2021.

Muliadi, Al Imran, at all (2020) Pengembangan Tempat Sampah Pintar menggunakan ESP32. Vol. 17,No.2 (73-79)

Maruf, A. (2017). Rancang bangun aplikasi sistem kendali warna led rgb terpusat berbasis android. Institut Teknologi Seputar Nopember. Sutabaya

E. Saputro. (2016). Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis menggunakan E-KTP Berbasis Microkontroler ATMega328. Universitas Negeri Semarang.

Published

2022-06-30