SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL PROTOTYPE ( STUDI KASUS : SMK BINA MANDIRI DEPOK)

Authors

  • maulana ardhiansyah Universitas Pamulang
  • Ahmad Saripudin

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang cepat dan pesat menjadi tantangan berat bagi sebuah perusahaan ataupun lembaga pendidikan, baik itu negeri maupun swasta. Seperti halnya SMK Bina Mandiri Depok merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di kecamatan Sawangan kota Depok.Yang ingin menciptakan lingkungan pendidik yang dapat bersaing di era global ini, Namun demikian sistem yang ada saat ini dirasa kurang efektif karena belum memiliki sistem informasi yang dapat di akses dengan cepat. Untuk mengurangi kekurangan tersebut, SMK Bina Mandiri Depok memerlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan guru serta siswa dalam memberikan dan mendapatkan informasi secara mudah, cepat dan bisa di akses di manapun. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan Prototype, metode ini dapat di gunakan untuk merancang dan menganalisis Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis WEB di SMK Bina Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan Sistem informasi akademik ini sebagai solusi bagi SMK Bina Mandiri untuk mengolah bagian akademik dalam penyajian laporan nilai secara cepat dan tepat dibandingkan secara manual.

References

Alpiandi, M. R. (2016, September). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP Negeri 2 Kecamatan Gaung Anak Serka. Jurnal SISTEMASI, 5, 8-13.

Dede Sulaeman S.Pd, M. (2018). SMK Bina Mandiri. (A. Saripudin, Pewawancara).

Dr. Kusnendi, M. (2011). Konsep Dasar Sistem Informasi.

Eko Putra Membara, L. Y. (2014, Februari 1). Sistem Informasi Akademik SMP Negeri 2 Talang Empat Berbasis WEB. Jurnal Media Infotama, X, 72-80.

Hartono Jogiyanto. (2010) Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Hendrik Setyo Utomo, R. (2016, Juni). Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis WEB di Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, II.

Nugraha, T. (t.thn.). Tutorial Dasar Laravel.

Putih, T. A. (2014). Tutorial Dasar Framework Codeigniter (Ci). Creative Commons.

Randi V. Palit., Y. D. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer , IV, 1-7.

Robiatul, A. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Makharijul Huruf dan Tajwid Berbasis Android. Tanggerang Selatan: Universitas Pamulang.

Solichin, A. (2010). MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir. BUKU KOMPUTER GRATIS DARI ACHMATIM.NET.

Tedi Kurnia, D. D. (2012). Perancangan Sistem Informasi Akademik Nilai Siswa Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut). Jurnal Algoritma, IX.

Utama, Y. (2011, Oktober). Sistem Informasi Berbasis WEB Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi (JSI), III, 359-370. Diambil kembali dari http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index.

Downloads

Published

2020-07-15