ANALISIS KESULITAN BELAJAR KALKULUS MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA

Authors

  • Tri Hidayati

Keywords:

kesulitan belajar, kalkulus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam belajar kalkulus I. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan adalah analasis deskriptif. Pengambilan  data  pada  penelitian  ini menggunakan  tes tertulis,  angket,  dan wawancara.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tingkat kesulitan belajar mahasiswa berdasarkan hasil tes tertulis yaitu pada indikator penerapan dan analisis dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa mengalami kesulitan dalam menerapkan turunan fungsi dua peubah ke dalam soal serta kesulitan dalam menyelesaiakn soal cerita. Berdasarkan hasil pengisian angket dapat diketahui faktor penyebab kesulitan belajar dengan kategori sangat tinggi yaitu interaksi dosen dengan mahasiswa, media pembelajaran, materi dalam kalkulus I serta motivasi belajar mahasiswa.

References

Ahmadi dan Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hidayati, T., & Ikasari, I. H. (2020). Developing Ict-Based Calculus Learning Media. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 10-15.

Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 5(1), 27-35.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Published

2020-10-26