PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN SEKOLAH BERBASIS WEB

Authors

  • Muhammad Indra Rizaldi
  • Romi Andrianto
  • Maulana Ardhiansyah

Keywords:

Perancangan, Sistem Informasi, Administrasi Pembayaran

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada era saat ini adalah suatu kebutuhan terutama pada dunia pendidikan. Akan tetapi teknologi tersebut tidak dimanfaatkan oleh SMK Darul Mu’in. sekolah ini masih mengandalkan aplikasi Microsoft Excel dan sebuah buku dalam kegiatan administrasi pembayaran sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan hasilnya belum pasti akurat karena tidak mengaplikasikan DBMS (Database Management System) agar data lebih terorganisir. Hal inilah yang memicu penulis membuat suatu perancangan aplikasi administrasi pembayaran berbasis WEB untuk mendukung aktifitas sehari-hari di sekolah tersebut. Hadirnya aplikasi sistem informasi berupa website ini akan menghasilkan pengolahan data yang sistematis, sehingga proses administrasi pembayaran di sekolah akan terstruktur dan terkomputerisasi. bahasa pemrograman PHP dan database MySQL digunakan dalam perancangan aplikasi ini, serta penulis menerapkan model waterfall dengan enam tahap pengembangan. Langkah penulis pada kegiatan ini yaitu menganalisis suatu masalah yang dialami pada proses kelola data administrasi pembayaran di SMK Darul Mu’in, dan kemudian dirancang aplikasi untuk memberikan solusi dari masalah yang ada, sehingga akan menghasilkan sistem informasi administrasi pembayaran sekolah yang dapat di manfaatkan oleh SMK Darul Mu’in.

 

References

A.S Rosa, & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Al-Fedaghi, S. (2011). Developing Web Applications. International Journal of Software Engineering and Its Applications, 5.

Astriyani, E., Sari, M. M., & Herman. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web Menggunakan Notifikasi SMS Gateway (Studi Kasus : SMP Puspita Tangerang). CERITA, 106-116.

Ratama N. Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. J Inform J Pengemb IT. 2018;3(2):177-183. doi:10.30591/jpit.v3i2.848

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Irawan, B., & Retnoningsih, E. (2017). Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Sekolah. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 203-218.

Munawaroh, Ratama N. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin. 2019;5(2):17-24.

Munawaroh. Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. J Inform J Pengemb IT Poltek Tegal. 2018;03(02):184-189.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak - Pendekatan Praktis (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Published

2020-12-24