ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI DALAM VIDEO “JANGAN LELAH BELAJAR_B.J. HABIBIE†PADA SALURAN YOUTUBE SANG INSPIRASI
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10809Abstract
Presiden Republik Indonesia yang ketiga ialah Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie merupakan inspirator pembangkit semangat dalam diri pendengar. Setiap tindak tutur yang disampaikan mampu memberikan informasi dan pernyataan yang bermanfaat. Tindak tutur diartikan sebagai sebuah tindakan mengujarkan tuturan. Tuturan yang Beliau sampaikan sering kali tersaji dalam bentuk video dari saluran YouTube. Siapapun bebas mengakses termasuk penulis. Dengan ini, penulis ingin menganalisis tindak tutur lokusi dalam salah satu video Beliau yang berjudul “Jangan Lelah Belajar†pada saluran YouTube Sang Inspirasi. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mencari bentuk-bentuk tuturan lokusi sesuai ujaran B.J Habibie dalam salah satu video yang berjudul “Jangan Lelah Belajar†pada saluran YouTube Sang Inspirasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskripsi kualitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini bersumber dari ujaran lisan dan ujaran tertulis yang terdapat dalam video yang berjudul “Jangan Lelah Belajar†pada saluran YouTube Sang Inspirasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik menyimak dan mencatat ujaran yang ada. Penelitian ini menghasilkan bentuk tindak tutur lokusi yakni menginformasikan (8), menyatakan (1), menegaskan (1), menjelaskan (1), memberitahu (1), meminta/mengajak (1), dan mengingatkan (1). Selain itu, sebuah ujaran yang menjadi tindak tutur lokusi bisa juga menjadi tindak tutur ilokusi. Setelah adanya penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan manfaat pemahaman bagi pembaca terkait tindak tutur lokusi dalam sebuah ujaran, serta menjadi rujukan penelitian-penelitian berikutnya.
Kata Kunci: Tindak tutur, lokusi, Pragmatik, B.J Habibie, YouTube.References
Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur pada Wawancara Putra Nababan dan Presiden Portugal (Kajian Pragmatik). SeBaSa, 1(1), 27. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i1.792
Avidia Ananda, N., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond’s di Televisi Swasta. Journal JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).
Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal (Revisi). Rineka Cipta.
Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122.
Fitriah, F., & Fitriani, S. S. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya R.H. Fitriadi. Master Bahasa, 5(1), 51–62.
Hanggara, B. D. (2016). Analisis Tindak Tutur Dalam Cerita Bersambung Lintang-Lintang Dadi Seksi Karya Sawitri Dalam Majalah Djaka Lodang Tahun 2013. 03, 1–10.
Inspirasi, S. (2019). Jangan Lelah Belajar B.J. Habibie. https://youtu.be/XjWKe-oGjc4
Lismayanti, H., & Aswadi, D. (2018). Tindak Tutur Lokusi Pedagang dan Pembeli di Pasar Sudi Mampir Banjarmasin. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 98–106. https://doi.org/10.33654/sti.v3i1.510
Maharani Annisa Tetty, A. P. Y. U. (2021). Analisis Tindak Tutur Lokusi Twit Akun Twitter Fiersa Besari. METAFORA, VI, 86–101. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/7819
Nirmala, V. (2015). Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Komersial Sumatera Ekspress. Kandai, 11(2), 139–150. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/kandai/article/view/222
Nuardania, C., Kusumaningsih, D., & Sugiyantoc, Y. (2018). Kekuatan Tindak Tutur Ekspesif Dalam Talk Show Kick Andy. Prosiding Senasbasa (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 66–76.
Nuryatin, A., & Artikel, I. (2015). Tindak Tutur Direktif Dalam Wacana Novel Trilogi Karya Agustinus Wibowo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 78–85.
Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 77–91. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426
Qomariyah, L. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(1), 1. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i1.32
Rustono. (1999). POKOK-POKOK PRAGMATIK. CV IKIP Semarang Press.
Sari, F. D. P. (2012). Tindak Tutur Dan Fungsi Tuturan Ekspresif Dalam Acara Galau Nite Di Metro Tv: Suatu Kajian Pragmatik. Skriptorium, 1(2), 1–14.
Sriharsanti, A. Y. D., & Utomo, A. P. Y. (n.d.). Analisis Tindak Tutur pada Iklan Produk Pond’s Tone Up Cream di Youtube. 294–301. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/lentera/article/view/309/155
Wiranty, W. (2015). Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 294–304. Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik)
Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–14.
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.