PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DALAM PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • Arlinda Purnamasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10822

Abstract

Pemelajar BIPA biasanya menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua (B2) atau bahasa ketiganya (B3) sehingga setiap pemelajar memiliki perbedaan bahasa pertama (B1), perbedaan latar belakang sosiokultural, dan perbedaan tujuan mempelajari bahasa Indonesia. Perbedaan tersebut dapat menjadi faktor munculnya problematika dalam pembelajaran BIPA. Tulisan ini akan lebih memfokuskan permasalahan dalam pembelajaran BIPA terutama pada aspek psikolinguistik. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: 1) mendeskripsikan pengaruh kurangnya modal kultural pemelajar BIPA tentang Indonesia terhadap pembelajaran BIPA, 2) mendeskripsikan pengaruh kurangnya praktik penggunaan bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA terhadap pembelajaran BIPA, 3) mendeskripsikan pengaruh beban psikologis pemelajar BIPA terhadap pembelajaran BIPA. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik studi pustaka. Berdasarkan problematika yang muncul, pengajar dan pemelajar harus bersinergi mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan bermakna. Pemelajar harus berusaha beradaptasi dengan keadaan sosiokultural Indonesia. Pengajar dapat memberikan gambaran tentang negara Indonesia karena kejutan budaya dan kejutan bahasa akan menghambat pemerolehan bahasa pemelajar. Selain itu, pemelajar harus terus mempraktikkan kemampuannya dalam berbahasa Indonesia dan berinteraksi secara emosional dengan lingkungan di Indonesia. Pengajar juga harus melihat bahwa kesalahan yang dilakukan pemelajar BIPA merupakan hal yang wajar. Selain itu, pengajar harus terus memberikan afirmasi positif dan motivasi kepada pemelajar.

Kata kunci: problematika pembelajaran, bahasa Indonesia bagi penutur asing, psikolinguistik.

References

Amanat, Tri. 2019. Pemetaan Situasi dan Kondisi Kebahasaan dalam Mendukung Keberhasilan Program BIPA di Timor Leste. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. 1(1): 41-52.

Halimah, Yulianeta, dan Sri Ulina Br Sembiring. 2020. Sastra Bandingan Sebagai Alternatif Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Perspektif Pendidikan. Pembelajaran, dan Penelitian. 57-66.

Harras, Kholid dan Andhika Dutha Bachari. 2009. Dasar-Dasar Psikolinguistik. Universitas Pendidikan Indonesia: UPI Press.

Kusuma, Emy Rizta dan Asri Ismail. 2017. Karut-Marut dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global. 99-104.

Latupapua, Falantino Eryk. 2020. Mencari Formula Bahan Ajar yang Ramah Budaya Lokal: Problematika Pembelajaran BIPA di Maluku. Arbitrer Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1): 233-244.

Maharani, Tisa dan Endang Setiyo Astuti. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia. 10(1): 121-142.

Nastiti, dkk. 2019. Hambatan dalam Upaya Pengembangan BIPA di Luar Negeri. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. 1(1): 1-10.

Sudarwati, Emy, Widya Caterine, dan Nia Budiana. 2017. Pengantar Psikolinguistik. Universitas Brawijaya: UB Press.

Downloads

Published

2021-05-31