TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA CAPTION COVID-19 DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Leli Nisfi Setiana Universitas Islam Sultan Agung
  • Evi Chamalah Universitas Islam Sultan Agung
  • Cahyo Hasanudin Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10823

Abstract

Peradaban manusia tidak lepas dari unsur penting yang terdapat di dalamnya yaitu kegiatan berkomunikasi. Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi sehari-hari. Di Era Revolusi industri 4.0 yang semakin canggih, dimana semua hampir seluruh lapisan aktivitas manusia bersentuhan dengan dunia digital. Pandemi Covid-19 menjadikan masyarakat milenial kerap kali meluapkan ekspresinya dalam bentuk caption di media sosial. Beberapa media sosial yang kerap menjadi objek masyarakat dalam mengunggah caption Covid-19  yaitu di  Facebook, WhatsApp, Twiiter dan Instagram.  Semakin maraknya caption di media sosial tersebut yang menyoroti tentang Covid-19 menjadi salah satu alasan utama dalam melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi realisasi tindak tutur ilokusi (asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi) pada caption Covid-19 di media sosial. Data penelitian ini diambil dari berbagai sumber di media sosial diantaranya WA, FB dan Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan mendeskripsikan tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam caption Covid-19 di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa terdapat bentuk tindak tutur ilokusi pada caption di media sosial Twitter, WhatsApp, Facebook dan Instragam yaitu tindak tutur asertif terdapat 1 data, direktif terdapat 8 data, ekspresif terdapat 2 data, komisif terdapat 1 data, deklarasi terdapat 3 data dengan total keseluruhan adalah 18 data. Kata kunci: Tindak Tutur Ilokusi, Caption, Media Sosial

References

Ali, Mohammad dan M. Asrori. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Boyd, D. M & Ellison, N. B, “Social Network Sites: Definition, History, and Scholarshipâ€, Journal of Computer-Mediated Communication, hlm.11 diakses pada 15 April 2021, pukul 10.15

Chen, T. Bryer, “Investigating instructional strategies for using social media in formal and informal learning,†The International Review of Research in Open and Distributed Learning 13, no. 1 (2012): 87–104

Juju dan Sulianta, “Branding Promotion with Social Networksâ€, Jakarta, PT. Elex Media Kompetindo, 2010, hlm. 4

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurudin, “Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasiâ€, Yogyakarta, Litera, 2012, hlm. 54-80

Ramadhan, B. (2018, Februari Selasa). GoodNews From Indonesia. Retrieved Juni Selasa,

, from good news from Indonesia: https://www.goodnewsfromindone sia.id/2018/02/06/inilah perkembangan-digital-indonesiatahun-2018

Yule. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2021-05-31