TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA CAPTION COVID-19 DI MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10823Abstract
Peradaban manusia tidak lepas dari unsur penting yang terdapat di dalamnya yaitu kegiatan berkomunikasi. Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi sehari-hari. Di Era Revolusi industri 4.0 yang semakin canggih, dimana semua hampir seluruh lapisan aktivitas manusia bersentuhan dengan dunia digital. Pandemi Covid-19 menjadikan masyarakat milenial kerap kali meluapkan ekspresinya dalam bentuk caption di media sosial. Beberapa media sosial yang kerap menjadi objek masyarakat dalam mengunggah caption Covid-19 yaitu di Facebook, WhatsApp, Twiiter dan Instagram. Semakin maraknya caption di media sosial tersebut yang menyoroti tentang Covid-19 menjadi salah satu alasan utama dalam melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi realisasi tindak tutur ilokusi (asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi) pada caption Covid-19 di media sosial. Data penelitian ini diambil dari berbagai sumber di media sosial diantaranya WA, FB dan Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan mendeskripsikan tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam caption Covid-19 di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa terdapat bentuk tindak tutur ilokusi pada caption di media sosial Twitter, WhatsApp, Facebook dan Instragam yaitu tindak tutur asertif terdapat 1 data, direktif terdapat 8 data, ekspresif terdapat 2 data, komisif terdapat 1 data, deklarasi terdapat 3 data dengan total keseluruhan adalah 18 data. Kata kunci: Tindak Tutur Ilokusi, Caption, Media Sosial
References
Ali, Mohammad dan M. Asrori. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Boyd, D. M & Ellison, N. B, “Social Network Sites: Definition, History, and Scholarshipâ€, Journal of Computer-Mediated Communication, hlm.11 diakses pada 15 April 2021, pukul 10.15
Chen, T. Bryer, “Investigating instructional strategies for using social media in formal and informal learning,†The International Review of Research in Open and Distributed Learning 13, no. 1 (2012): 87–104
Juju dan Sulianta, “Branding Promotion with Social Networksâ€, Jakarta, PT. Elex Media Kompetindo, 2010, hlm. 4
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurudin, “Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasiâ€, Yogyakarta, Litera, 2012, hlm. 54-80
Ramadhan, B. (2018, Februari Selasa). GoodNews From Indonesia. Retrieved Juni Selasa,
, from good news from Indonesia: https://www.goodnewsfromindone sia.id/2018/02/06/inilah perkembangan-digital-indonesiatahun-2018
Yule. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.