SOCIOCULTURAL PRACTICE BERITA MULYANTO MIRIS KETERLIBATAN DIRJEN KEMENDAG DI KASUS MINYAK GORENG DALAM WEBSITE WWW.DPR.GO.ID 20 APRIL 2022.

Authors

  • Hesty Kusumawati Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan
  • Moh. Faridi Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22094

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana suatu teks berita dianalisis menggunakan analisis wacana kritis yang melibatkan Sociocultural Practice yang merupakan analisi wacana berdasarkan pada asumsi bahwa konteks sosial yang ada diluar media mempengaruhi wacana yang muncul dalam media. Ruang redaksi atau warta bukanlah bidang atau kotak kosong yang steril, tetapi ditentukan oleh faktor diluar dirinya. Dalam penelitian ini yang akan diteliti adalah teks berita Mulyanto Miris Keterlibatan Dirjen Kemendag di Kasus Minyak Goreng yang dimuat dalam website www.dpr.go.id pada 20 April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis wacana kritis model Norman Faiclough. Kajian dalam teks meliputi pertama adalah situasional dalam teks berita,  kedua  institusional atau pengaruh instansi atau organisasi dalam praktik produksi wacana dan ketiga adalah sosial yang berpengaruh terhadap munculnya wacana tersebut. Hasil penelitian ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang analisis wacana kritis terutama hubungannya dengan keadaan diluar teks atau wacana.

Kata kunci: Sociocultural Practice, Berita, Situasional, Institusional dan Sosial.

Author Biographies

Hesty Kusumawati, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan

Tadris Bahasa Indoneaia, Fakultas Tarbiyah

Moh. Faridi, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan

Tadris Bahasa Indoneaia, Fakultas Tarbiyah

References

Darma, Yoce Aliah.2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.Eriyanto. 2001. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS.

Fairclough, N. (1995). Media Discourse. New York: Edward Arnold. Fairclough, N. dan R Wodak. (1997) ‗Critical discourse analysis‘. In T. A. van Dijk (ed.), Discourse Studies: A Multidisciplinary Introduction, Vol. 2. London: Sage

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wodak, R. (2001) "What CDA is about" In: Wodak, Ruth & Meyer, Michael (eds.) (2001) Methods of Critical Discourse Analysis. London: Sage. p5.

Yuhasni. 2016. Senjakala Kritik Sastra (Kasus Sumatera Utara). Depok: Penerbit Koekoesan. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/38698/t/Mulyanto+Miris+Keterlibatan+Dirjen+Kemend ag+di+Kasus+Minyak+Goreng.

Downloads

Published

2022-07-07