Ekranisasi dalam Novel Geez & Ann Karya Rintik Sendu kedalam Film Geez & Ann Sutradara Rizki Balki

Authors

  • Rani Ermawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27155

Abstract

Penelitian ini berjudul “Ekranisasi dalam Novel Geez & Ann Karya Rintik Sendu kedalam Film Geez & Ann Sutradara Rizki Balkiâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penciutan, penambahan dan perubahan bervariasi pada unsur instrinsik dari novel ke film dalam novel dan film Geez & Ann menggunakan pendekatan Sastra Bandingan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel karya Nadhifa Allya Tsana ‘Rintik Sendu’ dan film yang disutradarai oleh Rizki Balki. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis novel dan film Geez & Ann. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat empat penciutan alur novel dan film Geez & Ann; 2) Terdapat dua penciutan latar dalam novel dan film Geez & Ann; 3) Terdapat tiga penambahan alur dalam film Geez & Ann; 4) Terdapat satu perubahan bervariasi dalam novel dan film Geez & Ann. Meskipun mengalami banyak proses ekranisasi,
film tetap menyampaikan isi dalam novel dengan baik.

References

Aniskurli, S. (2020). Ekranisasi Novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini ke Bentuk film Dua Garis Biru karya Gina S. Noer dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL).

Estyaji, D. (2017). Ekranisasi Cerpen Filosofi Kopi dalam Kumpulan

Cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari ke Dalam Film Filosofi Kopi

Sutradara Angga Dwimas Sasongko. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(5), 615-628.

Fadilla, S., Juned, S., & Nursyirwan, N. (2018). Ekranisasi Novel ke Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dengan Kajian Interteks. Widyaparwa, 46(2), 220- 230. Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2020,

October). Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran

Kolaboratif di Perguruan Tinggi. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 91-97).

Fatmawati, I. (2013). Frankenstein Dan Kereta Hantu Jabodetabek (Suatu Kajian Intertekstual Pada Sastra Bandingan). Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 34-44.

Lubis, F. W. (2018). Analisis Diskriminasi Pada Novel †œAmelia†Karya Tere-Liye. Journal of science and social research, 1(1), 53-59.

Downloads

Published

2022-12-21