EKRANISASI NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 KARYA ASMA NADIA DENGAN FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 KARYA SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO

Authors

  • Lilis Sopiah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27182

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penambahan, dan penghilangnya yang terjadi pada fakta cerita (tokoh, alur, dan latar) karena proses ekranisasi. Teori yang digunakan adalah teori ekranisasi. Bagaimanakah penambahan pada tokoh, alur dan latar tempat dalam novel ‘Surga Yang tak Dirindukan 2’ ke dalam film ‘Surga Yang Tak Dirindukan 2’ dan bagaimanakah penghilangan cerita pada tokoh, alur, dan latar tempat dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 ke dalam film Surga Yang Tak Dirindukan 2, Bagaimanakah perubahan bervariasi pada tokoh, alur dan latar tempat dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 ke dalam film Surga Yang tak Dirindukan 2, lalu bagaimanakah proses terjadinya ekranisasi dari novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 ke dalam film Surga Yang Tak Dirindukan 2 karya sutradara Hanung Bramantyo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Teknik pengumoulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dilanjutkan dengan teknik baca catat. Teknik analisis data yang di gunakan adalah teknik deskriptif analisis.
Kata kunci: Ekranisasi, Novel Surga Yang tak Dirindukan 2, Film Surga Yang tak Dirindukan 2

References

Damono, Sapardi Djoko. 2014. Alih wahana. Yogyakarta: Editum

Fadilla, Siti, Sulaiman Juned, and Nursyirwan Nursyirwan. "Ekranisasi Novel ke Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dengan Kajian Interteks." Widyaparwa 46.2 (2018): 220-230.

Huda, Nabila, Sudirman Shomary, and Noni Andriyani. "Ekranisasi Novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia ke dalam Film Surga yang Tak Dirindukan karya Sutradara Kuntz Agus." J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture 1.1 (2021):

-26.

Wahyuni, S. (2018). Ekranisasi Novel Danur Karya Risa Saraswati ke dalam Film Danur Karya Sutradara Awi Suryadi (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Martin, M. (2017). Ekranisasi novel surga yang tak dirindukan karya asma nadia ke film surga yang tak dirindukan karya sutradara kuntz agus. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Downloads

Published

2022-12-21