PEMEROLEHAN KALIMAT TANYA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i1.35-43Keywords:
pemerolehan bahasa, kalimat tanya, anak usia diniAbstract
Proses pemerolehan bahasa anak melalui cara yang unik. Pada fase anak usia dini, anak akan terus menggali potensi bahasa dari lingkungan sekitar. Ketika, anak mengajukan pertanyaan, mereka meningkatkan pemahaman mereka tentang suatu hal yang mereka dapatkan dari bertanya, proses berpikir, dan juga keterlibatan mereka dalam percakapan. Selain itu, anak dapat memenuhi kebutuhan anak mengenai informasi dapat mereka tuntaskan dengan bertanya. Anak usia dini dalam penelitian ini khususnya telah mengetahui beragam fungsi bahasa. Salah satu fungsi bahasa yang digunakan oleh anak pada usia dini menurut Halliday ialah fungsi instrumental, yakni penggunaan bahasa untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolehan kalimat tanya dalam bahasa Indonesia pada anak usia dini. Jenis penelitian mengaplikasikan metode analisis deskriptif. Data yang ingin diperoleh dalam penelitian ini adalah data berupa kalimat tanya bahasa Indonesia secara komprehensif yang disampaikan oleh anak usia dini. Studi ini mengungkap kemampuan anak usia 5 (lima) tahun telah memperoleh kemampuan dalam menggunakan kalimat tanya melalui berbagai strategi dan pola yang bervariasi tergantung dengan siapa petuturnya. Anak telah mampu melaksanakan untuk pertanyaan ‘apa’ dan ‘mana’ atau jika dipadankan dalam bahasa Inggris disebut dengan WH-Questions, serta mampu mengintegrasikannya dalam sebuah kalimat tanya. Anak sudah mampu mengkonfirmasi ulang mengenai suatu informasi yang masih dianggapnya ragu dengan menggunakan kata ‘iya kan’ dan ‘bener kan’ dengan intonasi bertanya. Anak usia dini sudah mampu memilah kalimat tanya tergantung dari siapa lawan tuturnya.
References
Berns, M. 1990. Context of Competence: Social and Cultural Considerations in Communicative Language Teaching. New York: Plenum.
Clark, E.V. 2009. First Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.
Clark. E.V. 2004. Pragmatics and Language Acquisition. Handbooks of Pragmatics. Laurence R. Horn dan Gregory Ward (ed.) USA: Blackwell Publishing.
Dardjowidjojo, S. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Dardjowidjojo, S. 2008. Psiklinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dewart, H & Summers, S. 1995. The Pragmatics Profile of Everyday Communication Skills in pre -school and school-aged children.Windsor: NFER-Nelson.
Ronfard, Samuel, dkk. 2018. Question-asking in childhood: A review of the literature and a framework for understanding its development. Journal Elsevier.
Ness, Molly. 2020. Kids Ask the Darndest Questions: Raising Curious Children.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.