PEMEROLEHAN KALIMAT TANYA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Irma Yulita Silviany Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i1.35-43

Keywords:

pemerolehan bahasa, kalimat tanya, anak usia dini

Abstract

Proses pemerolehan bahasa anak melalui cara yang unik. Pada fase anak usia dini, anak akan terus menggali potensi bahasa dari lingkungan sekitar. Ketika, anak mengajukan pertanyaan, mereka meningkatkan pemahaman mereka tentang suatu hal yang mereka dapatkan dari bertanya, proses berpikir, dan juga keterlibatan mereka dalam percakapan. Selain itu, anak dapat memenuhi kebutuhan anak mengenai informasi dapat mereka tuntaskan dengan bertanya. Anak usia dini dalam penelitian ini khususnya telah mengetahui beragam fungsi bahasa. Salah satu fungsi bahasa yang digunakan oleh anak pada usia dini menurut Halliday ialah fungsi instrumental, yakni penggunaan bahasa untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolehan kalimat tanya dalam bahasa Indonesia pada anak usia dini. Jenis penelitian mengaplikasikan metode analisis deskriptif. Data yang ingin diperoleh dalam penelitian ini adalah data berupa kalimat tanya bahasa Indonesia secara komprehensif yang disampaikan oleh anak usia dini. Studi ini mengungkap kemampuan anak usia 5 (lima) tahun telah memperoleh kemampuan dalam menggunakan kalimat tanya melalui berbagai strategi dan pola yang bervariasi tergantung dengan siapa petuturnya. Anak telah mampu melaksanakan untuk pertanyaan ‘apa’ dan ‘mana’ atau jika dipadankan dalam bahasa Inggris disebut dengan WH-Questions, serta mampu mengintegrasikannya dalam sebuah kalimat tanya. Anak sudah mampu mengkonfirmasi ulang mengenai suatu informasi yang masih dianggapnya ragu dengan menggunakan kata ‘iya kan’ dan ‘bener kan’ dengan intonasi bertanya. Anak usia dini sudah mampu memilah kalimat tanya tergantung dari siapa lawan tuturnya.

 

Author Biography

Irma Yulita Silviany, Universitas Islam Bandung

Bahasa Indonesia

References

Berns, M. 1990. Context of Competence: Social and Cultural Considerations in Communicative Language Teaching. New York: Plenum.

Clark, E.V. 2009. First Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.

Clark. E.V. 2004. Pragmatics and Language Acquisition. Handbooks of Pragmatics. Laurence R. Horn dan Gregory Ward (ed.) USA: Blackwell Publishing.

Dardjowidjojo, S. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Dardjowidjojo, S. 2008. Psiklinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dewart, H & Summers, S. 1995. The Pragmatics Profile of Everyday Communication Skills in pre -school and school-aged children.Windsor: NFER-Nelson.

Ronfard, Samuel, dkk. 2018. Question-asking in childhood: A review of the literature and a framework for understanding its development. Journal Elsevier.

Ness, Molly. 2020. Kids Ask the Darndest Questions: Raising Curious Children.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Silviany, I. Y. (2021). PEMEROLEHAN KALIMAT TANYA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Sasindo UNPAM, 9(1), 35–43. https://doi.org/10.32493/sasindo.v9i1.35-43