PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP MATER DEI PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Sugiyo - -

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.72-86

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan motivasi belajar dan penguasaan kosa kata dengan data yang menunjukkan kemampuan menulis narasi. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, penguasaan kosakata diperoleh dengan melakukan tes tentang penguasaaan kotakata kepada responden, sedangkan data tentang kemampuan menulis narasi diperoleh dengan menguji responden untuk membuat karangan.  Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis narasi yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,795 dan koefisien determinasi sebesar 63,2%, serta persamaan garis regresi  = 39.484 + 0,13X1 + 0,304X2. Melalui analisis pengujian diperoleh bahwa koefisien korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi.

 

Kata Kunci: Motivasi, Kosa Kata, Menulis

Downloads

Published

2017-10-27

How to Cite

-, S. .-. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP MATER DEI PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Sasindo UNPAM, 3(2), 72–86. https://doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.72-86