PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP MATER DEI PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.72-86Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan motivasi belajar dan penguasaan kosa kata dengan data yang menunjukkan kemampuan menulis narasi. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, penguasaan kosakata diperoleh dengan melakukan tes tentang penguasaaan kotakata kepada responden, sedangkan data tentang kemampuan menulis narasi diperoleh dengan menguji responden untuk membuat karangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis narasi yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,795 dan koefisien determinasi sebesar 63,2%, serta persamaan garis regresi = 39.484 + 0,13X1 + 0,304X2. Melalui analisis pengujian diperoleh bahwa koefisien korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi.
Kata Kunci: Motivasi, Kosa Kata, Menulis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.