PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA

Authors

  • Garris Pelangi

DOI:

https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Keywords:

Aplikasi Canva, Media pembelajaran, Pelajaran bahasa Indonesia, Teknologi.

Abstract

Artikel ini merupakan penelitian pengembangan yang  mengandalkan beberapa literasi yang  didapat dan dijabarkan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pembahasan ini mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Media merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam mengajar, selain menggunakan buku atau metode ceramah, guru pun diharapkan mempunyai media pembelajaran yang berbeda dan menyesuaikan materi serta kondisi pada peserta didiknya masing-masing. Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan maju, setiap orang diharapkan dapat mengerti teknologi sebagai penunjang segala aktivitas yang ada, begitupun dalam ranah pendidikan. Guru serta peserta didik dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah kehidupan.

 

References

Aji, W. N. dan D. B. P. S. 2020. Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora. Vol. VI (2), 147–157.

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31–43.

Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Creswell, J. W. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Ibda, H. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang; Konsep dan Aplikasi (pp. 13–14). CV Pilar Nusantara.

Jelantik, A. . K. 2019. Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0. In Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 95–96). Deepublish.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2(1), 80–81.

Miftah, M. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 2(1), 95–105.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. 2018. Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 3(1), 44.

Samsiyah, N. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Kelas Tinggi (pp. 11–14). CV. AE Media Grafika.

Sobandi. 2013. Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas XII (M. Baihaqi (ed.)). Jakarta: Erlangga.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2), 104–105.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7(2).

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 11 (1), 137.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96