STRATEGI PENGEMBANGAN SDM BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA SINTESA HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT PADA YAYASAN RAUDLATUL MAKFUFIN

Authors

  • Hendi Diyanto Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Saiful Ihsan Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Sukma Ariesta Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Siti Nurjannah Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pamulang
  • Satria Agung Prabowo Prodi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi, Pengembangan SDM, Tunanetra, Raudlatul Makfufin

Abstract

Pengabdian masyarakat dengan tema Strategi Pengembangan SDM pada Yayasan Raudlatul Makfufin ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Yayasan Raudlatul Makfufin menerapkan manajemen SDM khususnya pada aspek strategi pengembangan SDM. Selain itu, juga untuk memberikan pengetahuan dan penerapan manajemen SDM sehingga berdampak pada kualitas pengelolaan SDM pada Yayasan Raudlatul Makfufin. Metode kualitatif adalah yang paling tepat atau cocok digunakan dengan pendekatan atau menghasilkan data deskriptif melalui media ceramah, dialog dan juga tanya jawab mengenai penerapan manajemen SDM dalam Strategi Pengembangan SDM pada Yayasan Raudlatul Makfufin. Kesimpulan dari kegiatan tersebut adalah perlunya dilakukan pendampingan secara berkelanjutan dalam menerapkan Strategi Pengembangan SDM pada Yayasan Raudlatul Makfufin.

References

Hidayat, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Luxima Metro Media, Jakarta.

Kadarisman, M. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Grafindo, Jakarta.

Manan, B. (2001). Perkembangan Pemikiran dan Pengaturan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Yayasan Hak Asasi Manusia, Demokrasi dan Supremasi, Bandung.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ke-38l). PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi (A. Nurul Falah (ed.); Ketiga). Refika Aditama, Bandung.

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik (Pertama). Erlangga, Jakarta.

Sugiono. (2014). Klasterisasi Mahasiswa Difabel Indonesia Berdasarkan Background Histories dan Studying Performance. Indonesia Journal of Disability Studies, 20–21.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Diyanto, H., Ihsan, S., Ariesta, S., Nurjannah, S., & Prabowo, S. A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN SDM BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA SINTESA HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT PADA YAYASAN RAUDLATUL MAKFUFIN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 117–122. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/28317