EFEKTIVITAS THERAPEUTIC PEER PLAY TERHADAP KECEMASAN DAN KEMANDIRIAN ANAK PENDERITA DENGUE HAEMORAGIC FEVER DI RUMAH SAKIT BUAH HATI CIPUTAT
Keywords:
Therapeutic-Peer-Play, Kecemasan, Kemandirian, Dengue Haemoragic FeverAbstract
Kemandirian dan Kecemasan adalah reaksi yang sering terjadi pada anak saat hospitalisasi dan berakibat pada lamanya adaptasi, penurunan kondisi dan gangguan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas therapeutic-peer-play terhadap kemandirian dan kecemasan pada anak penderita Dengue Haemoragic Fever Diruang Rawat Inap Rumah Sakit. Rancangan design penelitian ini adalah pre-test post-test design, sampel diambil 30 responden. Analisis data dengan paired samples test. Dari hasil penelitian setelah dilakukan therapeutic-peer play tingkat kecemasan ringan sebesar 20 responden (66,7%) dan tingkat kecemasan sedang 10 responden (33,3%). Sebelum dilakukan therapeutic-peer play tingkat kecemasan ringan sebanyak 2 responden (6,7%) dan tingkat kecemasan sedang sebanyak 28 responden (93,3%). Dari hasil penelitian setelah dilakukan therapeutic-peer play tingkat kemandirian sebanyak 7 responden (23,3%) tidak mandiri dan tingkat mandiri sebanyak 23 responden (76,7%). Sebelum dilakukan therapeutic-peer play sebanyak 26 responden (86,7%) ditingkat tidak mandiri dan tingkat mandiri sebanyak 4 responden (13,3%). Hasil uji statisik uji paired samples test diperoleh nilai (p-value = 0,00 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh therapeutic-peer play terhadap tingkat kecemasan dan kemandirian pada anak. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat memberikan informasi dan referensi untuk mengurangi tingkat kecemasan dan kemandirian pada anak dengan therapeutic-peer play.
References
Adriana. D. (2014). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak, Jakarta: Selemba Medika.
Ali, M., & Asroni, M. (2019). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. New Jersey: Prentice Hall.
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Ball, J.W., & Bindler, R.C. (2020). Pediatric nursing: Caring for children. New Jersey: Prentice Hall.
Battrick, C., & Glasper, E.A. (2004). The view of children and their families on being in hospital. British Journal of Nursing, 13 (6), 328-336.
Benson, N.C., & Grove, S. (2020). Mengenal psikologi. Bandung: Mizan.
Bredecamp, S., & Copple, C. (2019). Developmentally appropriate practices in early childhood programs serving children from birth through age 8 (3rd ed). Washington: NAEYC.
Chaplin, C.P. (2020). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cho, S.H., & Kim, H.R. (2019). Family and paid caregivers of hospitalized patients in Korea. Journal of Clinical Nursing, 15, 946–953.
Dahlan, M.S. (2019). Besar sampel dan cara pengambilan sampel: Dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Dany, H., & Murtihardjana, L. (2019). Memaksimalkan produktifitas anak. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Polit, D.F., & Beck, C.T. (2020). Nursing research. Philadelphia: Lippincot Williams& Walkins
Handayani, R.D., & Puspitasari, N.P.D. (2019). Pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif selama menjalani perawatan pada anak usia Pra sekolah (3 – 5 tahun) di rumah sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Surya Medika Yogyakarta. Diakses pada tanggal 20 Nopember 2022 dari http://www.skripsistikes.wordpress.com.
Hipwell, A.E., Murray, L., Ducournau, P., & Stein, A. (2020). The effect of maternal depression and parental conflict on children’s peer play. Journal of Child Care, Health & Development, 31 (1).
Harrel, S.N. (2018). Managing slightly uncooperative pediatric patients. The Journal of The American Dental Association, 134, 1613–1614.
Hendon, C., & Bohon, L.M. (2017). Hospitalized children’s mood differences during play and music therapy. Journal of Child Care, Health & Development, 34 (2).
Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2019). Essentials of paediatric nursing. St. Louis: Mosby.
Kementrian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2021. [Online]. Tersedia: https//www.depkes.go.id>download>pusdatin [18 Sepetember 2022]
Knutsson, J., Tibbelin, A., & Unge, M.V. (2018). Post operative pain after paediatric adenoidectomy and differences between the pain score made by the recovery room staff the parent and child. Journal Acta Oto Laryngologica, 126, 1029 – 1083.
Kristiyanasari, Weni. (2014). Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuha Medika.
Jamil, S. (2019). 101 games cerdas dan kreatif. Jakarta: Penebar Plus.
Kurniawan and Safriani. 2018. Hubungan Peran Serta Orang Tua dan Dampak Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah.Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana. Lebak Banten.
Li, H.C.W., Lopez, V., & Lee, T.L.I. (2018). Effects of preoperative therapeutic play on outcomes of school-age children undergoing day surgery. Research in Nursing & Health, 30, 320 – 332.
Machfoedz, I. (2018). Teknik membuat alat ukur penelitian. Yogyakarta:
Fitramaya. Mahon, L.M. (2019). The handbook of play therapy and therapeutic play (2rd ed). London: Wiley Inter Science.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2019). Psikologi perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Murniasih, E., & Rahmawati, A. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di bangsal L RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal Kesehatan Surya Medika Yogyakarta. Diakses pada tanggal 25 November 2022 dari http://www.skripsistikes.wordpress.com.
Murti, B. (2018). Prinsip dan metode riset epidemiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muscary, M.E. (2020). Advanced pediatric clinical assessment: Skills and procedures. Philadelphia: Lippincott.
Nursalam. (2019). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Orem, D. (2021). Nursing: Concepts of practice (6rd ed). St. Louis: Mosby.
Polit, D.F., & Beck, C.T. (2020). Essential of nursing research: Method, appraisal and utilization (6rd ed). Philadelphia: Lippincot Williams& Walkins.
Purwandari, H. (2019). Pengaruh terapi seni terhadap kecemasan anak usia sekolah selama hospitalisasi di RSMS. Jurusan Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Riduwan. (2020). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sabri, L., & Hastono, S.P. (2019). Statistik kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.
Saryono. (2020). Kumpulan instrumen penelitian kesehatan. Yogyakarta: Mulia Medika.
Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2018). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Edisi ke-3. Jakarta: Sagung Seto.
Stuart, G.W., & Sundeen, S.J. (2018). Keperawatan jiwa. Jakarta: EGC.
Supartini (2012). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Tomey, A.M., & Alligood, M.R. (2018), Nursing theory and their work. Missouri: Mosby.
Wilkinson, D., & Birmingham, P. (2018). Using research instruments: A guide for researcher. London: Routledge Falmer.
Wilson, K., & Ryan, V. (2018). Play therapy: A non directive approach for children and adolescents. Philadelphia: Elseivier.
Wong, D.L. (2017). Pedoman klinis keperawatan pediatrik. Jakarta : EGC.