MASYARAKAT INDUSTRI DAN HUMANIS-RELIGIUS (Studi Kasus di Balaraja Banten)

M. Mualif

Abstract


ABSTRAK

 

Balaraja merupakan salah satu daerah sentra industri, keterlibatan penduduk sektor ekonomi di kecamatan Balaraja sebagian besar bekerja di sektor industri. Industrialisasi dan modernisasi berimplikasi pada nilai-nilai sekuleritas dan target produktifitas masyarakatnya, oleh sebagian pakar keilmuan bertolak belakang dengan nilai-nilai keagamaan yang bersifat sakral.

Akan tetapi apa yang terjadi di Balaraja tepatnya di Desa Tobat justru sebaliknya, industrialisasi memang telah merubah sector ekonomi masyarakat sekitar dari masyarakat agraris tradisional dan peternak hewan menjadi masyarakat Industri yang dituntun akan target produktifitas di pabrik mereka bekerja. Namun industrialisasi tidak serta merta mengikis nilai-nilai humanis dan religiusitas dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Justru hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai humanis dan religious desa Tobat Kecamatan Balaraja justru mengalami peningkatan, disamping peningkatan pendapatan dan taraf ekonomi di daerah tersebut.

 

Kata Kunci: Masyarakat Industri, Humanis-Religius


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi



TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI

  Lisensi Creative Commons
TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI oleh Universitas Pamulang - Fakultas Teknik disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TKG/index.

View My Stats