ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI MARGARIN KEMASAN 200 GRAM UNTUK MENURUNKAN CACAT DENGAN METODE TAGUCHI DI PT. TUNAS BARU LAMPUNG TBK

Mr Marjuni, Syahreen Nurmutia, Andry Septianto

Abstract


Dalam suatu Perusahaan mengharapkan kualitas produk yang baik. PT. Tunas Baru Lampung Tbk memproduksi margarin kemasan 15 kg dalam menjaga kualitas produknya diatur oleh departemen Quality Control untuk menyesuaikan spesifikasi yang telah ditentukan. Salah satu aktivitas dalam menjaga kualitas yang baik dengan melakukan pengambilan sampel. Namun didalam pengambilan sampel masih ada kendala jika sampel yang diambil ternyata outspec dan memiliki waste produk, akan merugikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu baku pada inspeksi pengambil sampel agar lebih efektif, efisien dan mempunyai standart waktu yang tepat serta dapat menurunkan waste. Agar pekerjaan tersebut lebih efisien maka dilakukan penelitian dengan menghitung waktu bakunya dengan metode Stopwatch Time Study kemudian dianalisis aktivitasnya dengan metode Westinghouse lalu memberikan saran dengan mengganti letak pengambilan sampel. Setelah dilakukan pengambilan data, didapat lima tahapan untuk pekerjaan pengambilan sampel melalui finish product dan terdapat waste produk karena sampel yang diuji mengalami outspec. Selanjutnya dilakukan pengolahan data waktu baku pengambilan sampel melalui finish product dengan hasil sebesar 2467,92 detik dan memiliki waste produk sebanyak 1179 dus. Kemudian hasil tersebut dianalisis aktivitas dan streamling nya yang menghasilkan usulan yaitu melakukan pengambilan sampel melalui premix tank, yang waktu bakunya telah dihitung dan didapat sebesar 1912,48 detik dan tidak mendapatkan waste produk (zero waste) jika mengalami outspec

Keywords


Time Study, Westinghouse

Full Text:

PDF

References


Alfatiyah, R. 2019. Analisis Kegagalan Produk Cacat Dengan Kombinasi Siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA) Dan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 2(1), 39-47.

Antika, M. S., Sri, R., & Komarudin, A. 2019. Penentuan Waktu Standar Dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Pada Bagian Penyoletan Batik di Ud. Batik Satrio Manah Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Kadiri. Vol. 1 No. 1, hal 1–12

Ade Sri, M. 2019. Pengukuran Waktu Baku Pelayanan Obat Bebas Pada Pekerjaan Kefarmasian di Apotek CT. Journal Industrial Servicess Vol. 5 No. 1.

Bastuti, S., Kurnia, D., & Sumantri, A. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Hot Press Pada Produk Cacat Outsole Menggunakan Metode Statistical Processing Control (SPC) Dan Failure Mode Effect And Analysis (FMEA) Di PT. KMK Global Sports 2. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 1(1), 72-79.

Collewet, M., & Sauermann, J. 2017. Working Hours and Productivity. Institute of Labor Economics (IZA), IZA Discussion Papers, No. 10722.

Danang, S., & Wahyudi, D. 2011. Mananajemen Operasional cetakan 1. CPAS, Yogyakarta

Daryanto. 2012. Manajemen Produksi. Satu Nusa. Bandung.

Dean, T., Oktavira, R. P., & Atyanti, D. P. 2019. Analisis Efisiensi Kerja Berdasarkan Waktu Baku pada UMKM XYZ Yogyakarta. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2019 Surakarta.

Erni, K., Saleh, D., & Roland, S. 2020. Usulan Penentuan Waktu Baku Pada Operator Packing Folding Kain Tetoron Rayon dengan Metode Stopwatch. Jurnal InTent, Vol. 3, No. 2.

Fitriadi, Gaustama, P. Ali A. 2018. Penentuan jumlah Tenaga Kerja Optimal Melalui Pengukuran Waktu Baku dengan Menggunakan Metode Stopwatch Time Study Pada Pembuatan Batu Bata Press di CV. Tiga Setangkai. Jurusan Teknik Industri, Universitas Teuku Umar.

Gratia Utomo, W. 2017. Perhitungan Waktu Baku Dengan Menggunakan Metode Jam Henti Pada Produk Pulley di CV. Putra Mandiri Jakarta. Jurnal PASTI Volume XII. No. 2: 169 – 183.

Kesuma, N.E., Faradina, C., Hapsari, R., Hutami, R., & Saputra, K.A. 2011. Pemahaman Kondes dan Penyusunan Quality Management System pada Industri Pangan dengan Penerapan 3Q. Cyber Pustaka. Vol 1: 17.

Muchtar, D., & Endah, M. S. 2020. Pengukuran Waktu Baku dan Analisis Beban Kerja Pada Proses Filling dan Packing Produk Lulur Mandi di PT Gloria Origita Cosmetics. Jurnal Sistem Industri, Vol. 13 No. 1: 39-51.

Rahmi, A., & Darminto, P., 2018. Penentuan Waktu Baku dengan Metode Stopwatch Time Study Studi Kasus CV.MANS GROUP. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Syafar, R., Hidayat,R., & Apriyati D. 2019. Pengukuran Waktu Kerja dengan Metode Stop Watch Time Study. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN) Vol 2, No 1.

Stevenson, W.J., & Chuong, S.C. 2014. Manajemen Operasi Perspektif Asia, Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat and MC Graw Hill Education.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/tkg.v3i2.19698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fakultas Teknik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI

  Lisensi Creative Commons
TEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH DAN TEKNOLOGI oleh Universitas Pamulang - Fakultas Teknik disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TKG/index.

View My Stats