ANALISIS PERSEDIAAN REFFIL PPC-NATURAL MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI PT. KOSMETIKATAMA SUPER INDAH

Authors

  • Yulia Puspitasari Universitas Pamulang
  • Edi Supriyadi Universitas Pamulang
  • Sofian Bastuti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/teknologi.v3i1.9513

Keywords:

Persediaan, Economic Order Quantity (EOQ)

Abstract

PT. Kosmetikatama Super Indah bergerak dalam industri kosmetik.sekarang banyak perusahaan cukup dapatmemberikan ps kepada produktivitas, efisiensi dan efektifitas. Hal ini akan terjadi bila perusahaan tersebut mempunyai pengaturan yang baik terhadap jadwal penyelesaian permintaan.Sehingga dapat meminimalkan biaya perusahaan yang dikeluarkan dan perusahaan dapat mencapai keuntungan yang sesuai. Satu faktor yang mempunyai pengaruh agar kondisi pesanan dan distribusi dapat berjalan secara optimum adalah  faktor tersedianya produk jual.Penelitian skripsi yang berjudul ANALISIS PERSEDIAAN REFFIL PPC-NATURAL MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI PT. KOSMETIKATAMA SUPER INDAH ini bertujuan untuk membantu dalam melakukan perencanaan kebutuhan produk jual secara optimal.Maka dalam karya ilmiah ini penulis menggunakan0metode Economic Order Quantity(EOQ) agar dapat dianalisa secara detail. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan penulis, metode Economic Order Quantity menghasilkan  jumlah  biaya  persediaan  terkecil dengan jumlah biaya persediaannya yaitu  Rp. 54.913.856.

 

References

Agus, Ristono. 2009. Manajemen Persediaan. Edisi 1.Yogyakarta : Graha Ilmu

Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus: PT. Alaisys Sidoarjo. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 1(1), 40-46.

Ahyari, Agus. 1995. "Efisiensi Persediaan Bahan." Yogyakarta: BPFE

Along The Supply Chain Seventh Edition, New York: John Wiley and Sons.

Assauri, Sofyan, 1993, Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Ketiga, PenerbitFakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Baridwan, Zaki, 2000, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua, Yogyakarta:BPFE.

Bastuti, S., & Teddy, T. (2017, December). Analisis Persediaan Barang Dengan Metode Time Series Dan Sistem Distribution Requirement Planning Untuk Mengoptimalkan Permintaan Barang Di Pt. Asri Mandiri Gemilang. In Proceedings (Vol. 2, No. 1).

Bastuti, S., Alfatiyah, R., Shobur, M., & Candra, A. (2019). Manajemen Logistik.

Candra, A. (2019). Pengendalian Persediaan Material Pada Produksi Hot Mix Dengan Pendekatan Metode Economic Order Quantity (Eoq). Jitmi (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(2), 145-153.

Candra, A., Bastuti, S., Aprilianingsih, C. R., & Prahasta, T. (2020). Praktikum Perencanaan dan Pengendalian Produksi.

Kurnia, D., Bastuti, S., &Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (Mrp) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. Jitmi (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 22-28.

Limansyah, T. (2011). Analisis Model Persediaan Barang EOQ Dengan Mempertimbangkan Faktor Kadaluarsa dan Faktor All Unit Discount. Research Report-Engineering Science

Makisurat, A., Morasa, J., &Elim, I. (2014). Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada CV. Multi Media Persada Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Russel, R.S. dan Taylor, B.W., 2011, Operations Management Creating Value

Shobur, M., Wakhit, W., Candra, A., & Bahranizha, I. N. (2020). Praktikum Sistem Produksi.

Tamodia, W. (2013). Evaluasi penerapan sistem pengendalian intern untuk persediaan barang dagangan pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Utami, C. W. (2008). Manajemen barang dagangan dalam bisnis ritel.

Wahyudi, R. (2015). Analisis pengendalian persediaan barang berdasarkan metode EOQ di toko era baru samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis

Downloads

Published

2021-04-21

Issue

Section

Articles