PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN

Authors

  • Brillian Putra Aji Universitas Pamulang
  • Mr. Pamorraka Universitas Pamulang
  • Dewi Sartika Universitas Pamulang
  • Eka Dewi Safitri Universitas Pamulang
  • Muhammad Aslam Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRAK

Kemajuan Teknologi yang sangat cepat mendorong banyak kegiatan menjadi online termasuk dalam kegiatan pemasaran, pemasaraan selalu mengikuti perkembangan teknologi serta semakin banyaknya media yang dapat dijadikan sebagai sarana beriklan. Kegiatan PKM ini dilakukan di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten. Pelaku UMKM di Kelurahan Sindangsari masih menggunakan teknik konvensional untuk mempromosikan dan memasarkan produk yaitu dengan cara door to door, dimana pelaku UMKM akan berjalan kaki di kampung-kampung terdekat dan atau menyewa mobil untuk penjualan jarak jauh. Berdasarkan permasalahan mitra dan ditunjang dengan hasil pengamatan sebelumnya, solusi yang ingin ditawarkan tim pengusul adalah perlu sebuah teknik pemasaran yang berbasis teknologi dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif karena media sosial merupakan sarana komunikasi yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Didukung oleh fakta semakin berkembangnya teknologi informasi di Kelurahan Sidang Sari dan meningkatnya jumlah pengguna media sosial, maka pemanfaatan media sosial untuk promosi dan pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sindangsari sangat diperlukan untuk mendukung berkembangnya UMKM di daerah ini. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM Pemanfaatan Media Sosial  Sebagai Sarana Pemasaran di Kelurahan Sindangsari telah mencapai target luaran dimana melalui kegiatan ini, pelaku UMKM diberi fasilitas media pemasaran online produk-produk UMKM, perwakilan pelaku UMKM diberi pelatihan cara menggunakan smarthphone, wifi moden dan penggunaan media sosial sehingga pelaku UMKM dapat dengan mudah memasarkan produknya

 

Kata kunci : UKM, Pemasaran, Media Sosial

References

DAFTAR PUSTAKA

Arief, Giri Maulana dan Heppy Millianyani. 2015. Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Indriani, I. (2017). Perkembangan Hukum: Perseroan Terbatas Dan Praktik Penggunaan Nominee Oleh Investor Asing. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 2(1).

Indriani, I. (2018). Hak Kekayaan Intelektual: Perlindungan Hukum Terhadap Hak Cipta Karya Musik. Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 246-263.

Indriani, I. (2019). Pengaruh Perkembangan Pembangunan Nasional Sebagai Aspek Pengubah Hukum Dari Segi Ekonomi. Rechtsregel: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1).

Indriani, I., Utaminingsih, S., Trihandayani, E., & Iqbal, M. (2020). PEMBINAAN PENGELOLAAN LAHAN TEPI PANTAI BERDASARKAN ASPEK HUKUM DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 406-411.

Iqbal, M. (2018). Implementasi Efektifitas Asas Oportunitas di Indonesia Dengan Landasan Kepentingan Umum. Jurnal Surya Kencana Satu: Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan, 9(1), 87-100.

Iqbal, M. (2019). Efektifitas Hukum Dan Upaya Menangkal Hoax Sebagai Konsekuesni Negatif Perkembangan Interkasi Manusia. Literasi Hukum, 3(2), 1-9.

Nurhayati, N., Indriani, I., & Utaminingsih, S. (2021, January). EFEKTIVITAS MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENCEGAH RADIKALISME DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS PAMULANG. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 337-346).

Khairunnisa, K., Indriani, I., Nurhayati, N., Setiawan, A. H., & Anedea, T. (2020). Membangun Mental Positif Para Pekerja Dan Penyuluhan Hak-hak Pekerja Yang Di Phk Atau Yang Mendapatkan Dampak Covid 19. DEDIKASI PKM, 1(2), 69-73.

Kertajaya, Hermawan. 2008. New Wave Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Hutama

Kshetri, Anita and Bidyanand Jha. 2016. 2QOLQH Purchase Intention : A Study of Automobile Sector in India¥. Rev. Integr. Bus. Econ. Res. Vol. 5 No.3, p.35-59.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall Madahi, Abdolrazagh dan Inda Sukati.

Downloads

Published

2021-08-30