Pembinaan Dan Penyuluhan Penentuan Persediaan Dengan Metode Peramalan Permintaan Produksi Kopi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, Kec. Sukasari, Kab. Sumedang, Jawa Barat

Authors

  • Mr Ruspendi Universitas Pamulang
  • Mr Khasbunalloh Universitas Pamulang
  • Fredy Dwi Ibnu Saputra Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Salah satu daerah di Kabupaten Sumedang yang memiliki perkembangan ekonomi yang cukup baik adalah dusun Pasir Kaliki Desa Genteng, yang masuk wilayah Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Beberapa potensi yang ada di lokasi yang akan dijadikan tempat Pengabdian salah satunya adalah usaha produksi Kopi yang dikelola oleh kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Permasalahan yang ingin diselesaikan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu bagaimana menentukan dan mengetahui jumlah kebutuhan permintaan produk kopi yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Pelaksanaan penyuluhan dilakukan dengan metode pemaparan dan simulasi terkait dengan alat analisis yang bisa digunakan untuk menentukan nilai perkiraan permintaan produk kopi. Selanjutnya tim PKM membuat instrumen kuesioner sebagai bahan evaluasi dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarkat ini. Dari 23 peserta pengabdian yang mengisi kuesioner hasil PKM diketahui ada sekitar 65% menjawab sangat setuju, 22% menjawab setuju dan 13% menjawab cukup setuju bahwa materi yang disampaikan sudah dipahami dengan baik oleh peserta pengabdian kepada Masyarakat. Kemudian ada sekitar 4% yang cukup setuju, 9% setuju dan 87% sangat setuju bahwa Penyuluhan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta. Pada instrumen berikutnya ada sekitar 9% yang cukup setuju, 22% setuju dan 69% sangat setuju bahwa perlu diadakan pelatihan yang berkelanjutan.

 

Kata Kunci: UMKM, Persediaan, Metode Peramalan

References

DAFTAR PUSTAKA

Gaspersz, V. (2014). Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, N., Nadya, Y., & Dewiyana. (2018). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Untuk Produk Keripik Pada Ukm Di Langsa. 20 (21)

Ihsanuddin, M. (2015). Simulasi Metode Pengendalian Persediaan Bahan Baku Biji Kopi Study Kasus Di Restoran Sweet Corner Hotel Atlet Century, 80 (84).

Indiarestu, R. (2016). Persediaan Bahan Baku Kopi Luwak Liar Pada Bun Prink Coffee. 52 (65).

Kholil, M., Chandra, A., & Bethriza, H. (2019). Perencanaan Pengendalian Poduksi Dan Logistik. jakarta: Mitra Wacana Media.

Kurnia, D., Bastuti, S., & Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (MRP) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. JITMI(Jurnal Ilmiah Teknik Manajemen Industri), 1(1).

Nurmutia, S. (2021). ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BATTERY MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI SHOP & DRIVE FATMAWATI JAKARTA SELATAN. JURNAL INDUSTRI & TEKNOLOGI SAMAWA, 2(2), 37-41.

Nurmutia, S., & Ruspendi, R. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN BAKU AIR MINUM KEMASAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBABILISTIK. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 4(1), 58-63.

Ruspendi, R., Rusmalah, R., & Nurmutia, S. (2022). TEKNIK PERAMALAN.

Zaen, N. D., Lisma, G. F., & Ikhwan, S. (2021). Analisis Metode Material Requirement Planning Pada Persediaan Bahan Baku Produk Vdrip Coffee di Rajaswa Coffee. 25-36

Downloads

Published

2022-04-30