SOSIALISASI KEBERSIHAN SANITASI LINGKUNGAN DI KAMPUNG CIBEBER, DESA CIJENGKOL KECAMATAN CILOGRANG LEBAK BANTEN

Authors

  • Tedi Dahniar Universitas Pamulang
  • Agus Syahbudin Universitas Pamulang
  • Gilang Ardi Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak

Kampung Cibeber merupakan bagaian dari Desa Cijengkol sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Ketidaktahuan penduduk kampung Cibeber yang minim kebersihan akan membawa dampak akan sangat mudah terjangkit penyakit. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi tentang sanitasi dan kebersihan lingkungan untuk meningkatkan gaya hidup yang sehat untuk warga Kampung Cibeber Desa Cijengkol. Metode pelaksanaan yaitu dengan melakukan penyuluhan, diskusi, simulasi. Hasil dari kuesioner pertama mengenai Materi yang disampaikan sudah dipahami dengan baik adalah Sangat setuju 78%, setuju 17 %, cukup setuju 5%. Hasil kuesioner kedua tentang Penyuluhan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kami adalah sangat setuju 56%, setuju 33% dan cukup setuju 11%, Berarti para responden bisa memahami dan mengimplementasikan materi sosialisasi kebersihan sanitasi lingkungan di Kampung Cibeber.

Kata kunci: Implementasi, Penyuluhan, Diskusi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Indonesia, M. U. (2021). Air, Kebersihan, Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan menurut Agama Islam (Vol. 2015): Majelis Ulama Indonesia.

Pratiwi, D. A. (2012). Persepsi Penghuni Rumah Susun Tentang Kondisi Sanitasi Lingkungan Dan Partisipasinya Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Rumah Susun Penjaringan Sari I.[Skripsi]. Surabaya (ID): Fakultas Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Surabaya.

Putri, A. M., & Mulasari, S. A. (2018). Klinik Sanitasi dan Peranannya dalam Peningkatan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Pajangan Bantul. Medika Respati: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 1-9.

Samsudin, U. (1982). Dasar-Dasar Penyuluhan dan Modernisasi Pertanian. Bina Cipta. Bandung.

Supriyadi, E., Dewanti, R. N., & Junaedi, M. (2022). Pengendalian Persediaan Pada Produk Tepung Pisang Di Kampung Cibeber, Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten. ADIBRATA Jurnal, 2(1).

Syahabuddin, A., Kurnia, D., & Dahniar, T. (2021). STRATEGI PEMILIHAN PACKAGING MENARIK DAN EKONOMIS UNTUK PRODUK DETERJEN CAIR USAHA MASYARAKAT DESA PASIR AMPO KECAMATAN KRESEK. ADIBRATA Jurnal, 3(1).

Wahyudin, U., & Arifin, H. S. (2015). Sosialisasi Sanitasi Diri Dan Lingkungan Di Pesantren Salafi Melalui Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Dalam Membentuk Sikap Santri Terhadap Sanitasi. Jurnal kajian komunikasi, 3(2), 148-153.

Downloads

Published

2022-08-24