Strategi Pemilihan Packaging Menarik Dan Ekonomis Produk Hand Soap Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Usaha Warga Perumahan Benua Indah Kelurahan Pabuaran Tumpeng Kecamatan Karawaci Kota Tangerang

Authors

  • Agus Syahabuddin Universitas Pamulang
  • Muhammad Yusuf Universitas Pamulang
  • Wanto Sarwoko Universitas Pamulang

Abstract

Banyaknya warga perumahan benua indah yang berprofesi sebagai karyawan swasta yang mana hampir ±40% diantaranya adalah sudah pensiun kerja, Sehingga banyak diperlukan masukan-masukan kegiatan yang bisa diaplikasikan untuk warga khususnya yang sudah pensiun agar tetap bisa beraktivitas yang menghasilkan. Ketua RW Bp. TB Eka Surya Laksana berharap agar warga khususnya yang sudah pensiun agar tetap bisa beraktivitas yang menghasilkan. Untuk itu perlu adanya Industri Rumah Tangga yang merupakan salah satu wujud dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi barang-barang dan dilakukan dalam rumah serta berskala kecil. Sebagai produk dasar pembahasan digunakan Hand Soap. Hand Soap ini dapat menjadi alternatif produk unggulan dan peluang usaha masyarakat perumahan benua indah. Mampu memproduksi produk satu hal penting, sedangkan mampu menjual produk adalah hal penting lain yang perlu dikuasai. Dan untuk melengkapi kemampuan menjual tersebut maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kami memberikan penyuluhan yang fokus Strategi Pemilihan Packaging Menarik Dan Ekonomis  Produk  Hand Soap Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Usaha Warga. Untuk menarik konsumen agar produk yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka perlu strategi dalam pengembangannya, seperti penentuan logo dan moto, menciptakan merek, menciptakan kemasan dan label. Maka sebagai salah satu faktor pendukung pemasaran deterjen cair tersebut diperlukan pemilihan desain kemasan (packaging) yang menarik dan ekonomis sebagai identitas produk agar dapat menarik minat beli konsumen.

References

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Hakim, L. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Pada Bpr Sejahtera Batam. Jurnal Dimensi, 5(1).

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1).

Karedza, G., Sikwila, M., & Bhebhe, T. B. (2017). The impact of psychological influences on consumer buying behavior of SMEs’ products: a case study of the manufacturing sector in Zimbabwe. Asian Business Research Journal, 2, 1-7.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(2), 181-191.

Ridho, M. R., Simanjuntak, P., & Ningsih, D. (2019). PKM Ecommerce, Packaging Design dan Manajemen Pemasaran untuk Usaha Kuliner Kota Batam. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21-26.

Sama, H., & Kevin, K. (2021, September). Perancangan dan Penerapan Websıte Rebrandıng Destınası Wısata Kota Batam Pada Oma Tour & Travel. In Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech) (Vol. 1, No. 1, pp. 691-695).

Sudarma, M. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.

Sutawikara, E. S. (2017). Nilai Fungsional dan Estetik Kemasan/Wadah Berbahan Bambu Pada Makanan Tradisional Indonesia dan Jepang. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 148-160.

Yusuf, M., Pulungan, A. N., Sari, R. D. I., Amne, D. P. F., Siregar, R., & Rahmah, M. (2021, March). Ring-opening Polymerization Reaction Mechanism of ε-Caprolactone Catalyzed by Bis (dibenzoylmethanato) zirconium (IV) Using PM3 Semi-Empirical Method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1811, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Downloads

Published

2023-01-20