PENYULUHAN KENDARAAN BERMOTOR TRANSMISI MATIC DI DESA SURADITA, KECAMATAN CISAUK, TANGERANG SELATAN, BANTEN 15341

Mohamad Nasrun, Abdul Choliq, Andri Lesmana, Catur Kurniawan, M. Isro Diyanto

Abstract


Dalam kehidupan manusia mobilitas untuk melakukan berbagai kegiatan adalah yang utama. Alat transpostasi menjadi bagian yang sangat penting dalam mobilitas tiap orang. Motor merupakan alat transportasi pilihan kebanyakan masyarakat untuk membantu melancarkan kegiatannya sehari-hari baik motor manual atau motor matik. Karena dengan motor bisa mempersingkat waktu perjalanan dan bisa mengindari kemacetan. Motor ini bisa menjadi kebutuhan pokok masyarakat. motor tentu mengalami kerusakan dan memerlukan perawatan atau servis. Oleh karena itu tujuan PKM ini adalah memberikan pengenalan  komponen – komponen sesuai dengan fungsinya, Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kerusakan-kerusakan pada sepedamotor, Memberi pengetahuan cara servis ringan berkala sepeda motor  sesuai dengan petunjuk buku manual, Metode  yang di gunakan adalah metode Autonomous Maintenance  merupakan metode yang umum digunakan, kegiatan dengan Metode Autonomous Maintenance ini dirancang untuk melibatkan operator dalam merawat mesinnya sendiri, yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat khususnnya mitra kegiatan pengabdian masyarakat untuk memperoleh pengetahuan praktek dan teori seperti memberikan cara – cara servis dan perbaikan ringan terhadap bagian yang termasuk dalam perawatan berkala atau servis ringan. 

Kata kunci : Sepeda motor, Servis, Autonomous Maintenance, Manual, Matic


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1987. Honda Astrea star, Buku Pedoman Pemilik dan Jadwal Petunjuk Servis. Jakarta: Service Departemen Honda Division, PT Astra Internasional Inc.2.

Anonim, Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor, Tingkat Lanjutan, Jakarta: PT Indomobil Suzuki Internasional Divisi R2.5.

B. P. Statistik, “Jumlah kendaraan di Indonesia selalu meningkat, data Badan Pusat Statistik (BPS),” 2010.

Servis dan reparasi, Sutisna, 2013

Suganda, H dan Kageyama, K.1984. Pedoman Perawatan sepeda Motor. Jakarta : PT Pranandya Paramita.

Sutisna., O. Dan Yakob, B.1983. Petunjuk Kerja Pemeliharaan dan perbaikan Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Menengah Kejuruan , Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

W. Suyanto, “Teori Motor Bensin. DEPDIKBUD: Jakarta,” 1989.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jalan Surya Kencana 1 Pamulang Barat
Pamulang Kota Tangerang Selatan Banten 15417
Phone: +62 815-9645-512
Email: dosen01544@unpam.ac.id

 


 

 

Supported By

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.