METODE PERMAINAN DENGAN BILANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK SASMITA JAYA 2, PAMULANG BARAT, KOTA TANGERANG SELATAN

Ersam Mahendrawan, Edi Tri Astuti, Ihat Solihat, Fattimah Azzahra, Muthia Zahra

Abstract


Permainan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan siswa. Oleh karenanya, permainan dapat dijadikan suatu media dalam pembelajaran matematika. Salah satu jenis permainan yang dapat memberikan pembelajaran fakta, keterampilan, konsep, dan prinsip matematika adalah olah bilangan. Olah bilangan merupakan salah satu jenis permainan matematika yang berkembang hampir di seluruh belahan dunia. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan permainan olah bilangan untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan kepada siswa SMK Sasmita Jaya 2, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan dalam pembelajaran matematika. Operasi hitung bilangan merupakan konsep yang sangat penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi dasar dalam pemahaman konsep matematika selanjutnya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang dimulai dengan mengamati permainan olah bilangan yang diperagakan oleh mahasiswa pendamping. Hasil pengamatan yang berupa test diagnostik sebelum dan sesudah acara dilaksanakan dijadikan dasar untuk melakukan analisis pengembangan metode pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan bilangan. Kegiatan ini diikuti oleh 10 siswa, dan memberikan hasil akhir bahwa secara individu ada satu orang yang memperoleh nilai 8 pada Pre-Test dan ada 3 orang yang mendapat nilai 8 pada Post-Test, ada kenaikan sebanyak 2 orang. Nilai Pre-Test rata-rata siswa adalah 4.6 dan nilai rata-rata Post-Test siswa adalah 6.4 ada kenaikan nilai sebesar 1.8. 

Kata kunci: Pembelajaran, Matematika, Olah Bilangan, Pre Test, Post Test


Full Text:

PDF

References


Ansori, H., & Sutresna, W. B. O. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4630

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Ferra yanuar, Dr. et all, Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan “Fun Math di SDN No. 42 Korong Gadang, Iptek berbasis Program Studi Dan Nagari Binaan (IBPSNB), Universitas Andalas Padang, 2018

Frida Amri Chusna, Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta September 2016

Kurniati, I., Said, H. B., & Hidayat, A. F. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 70.

https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.69

Murni Sulistyaningsih, Derel Filandy Kaunang, Navel Oktaviandy Mangelep, Matappa, Pkm Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Alat Peraga Berbasis Pendekatan Matematika Realistik: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1, Nomor 2, September 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jalan Surya Kencana 1 Pamulang Barat
Pamulang Kota Tangerang Selatan Banten 15417
Phone: +62 815-9645-512
Email: dosen01544@unpam.ac.id

 


 

 

Supported By

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.