MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR EKONOMI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELOMPOK USAHA IBU RUMAH TANGGA

Dewi Mahrani Rangkuty, Herdianto Herdianto, Mesra B., Hidayati Purnama Lubis, Miftahul Jannah

Abstract


Kegiatan pengabdian yang berlokasi di Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, bertujuan untuk mengedukasi konsep ekonomi digital pada kelompok usaha ibu rumah tangga di masa pandemi Covid-19. Metode pengabdian yang dilakukan dengan observasi objek pengabdian, ceramah dan atau sosialisasi/penyuluhan, dan tahap evaluasi kepada kelompok usaha ibu rumah tangga. Hasil kegiatan pengabdian mendapat respon positif oleh forum yang menunjukkan antusiasme dalam mengikuti kegiatan termasuk pada sesi diskusi/tanya jawab sehingga menemukan permasalahan juga kendala pada usaha kecil ibu rumah tangga yang kemudian dicari solusi dalam permasalahan yang dimaksud tersebut, melalui terbentuknya kelompok-kelompok usaha ibu rumah tangga dan implementasi konsep ekonomi digital sebagai sarana iklan/promosi usaha dalam meningkatkan keuntungan atau laba usaha. Dukungan dan peran dari Aparat Desa seperti Kepala Desa dan Kepala Dusun sangat dibutuhkan oleh kelompok-kelompok usaha kecil ibu rumah tangga yang telah terbentuk demi peningkatan produktivitas usaha sehingga menjadi peluang tambahan pendapatan rumah tangga yang kemudian menjadi sumber kesejahteraan masyarakat desa. 

Kata kunci: Covid-19, Digital, Ekonomi, Kelompok, Rumah Tangga, Usaha.


Full Text:

PDF

References


Dalle, J. (2016). Menyoal Ekonomi Digital. Republika.Co.Id. http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-ko-

Hartika, D., Ririen, D., & Dewi, K. (2020). ANALYSIS FACTORS OF CONSTRAINING HOUSEWIVES TO BECAME ENTREPRENEURS (Study in Air Jernih Village, Indragiri Hulu District). Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 5(2), 176–187. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/839/545

IDI. (2020). Transaksi E-commerce Melonjak Dua Kali Lipat Lebih, Diperkirakan Tembus Rp 429 Triliun. Investor Dality Indonesia. https://investor.id/market-and-corporate/transaksi-ecommerce%02melonjak-dua-kali-lipat-lebih-diperkirakan%02tembus-rp-429-triliun#:~:text=Transaksi uang elektronik hingga Mei,59 tr%02iliun%2C” tutur dia

Mudholkar, P., & Mudholkar, M. (2018). Internet of Things (IoT) and Big Data: A Review. International Journal of Management, Technology And Engineering, 8(XII).

Nizar, N. I., & Sholeh, A. N. (2021). Peran Ekonomi Digital Terhadap Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Selama Pandemi COVID-19. JURNAL MADANI, 4(1), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.33753/madani.v4i1.163

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution (World Economic Forum).

Simarmata, P., & Ridwan, H. (2015). PENGENALAN USAHA ONLINE BAGI IBU-IBU RUMAH TANGGA DI LINGKUNGAN RT.01-04/RW.07 PONDOK CINA KOTA DEPOK. Jurnal BINA WIDYA, 26(1), 48–53. http://library.upnvj.ac.id/pdf/artikel/Majalah_Ilmiah UPN/bw-vol26-no1-mar2015/48-53.pdf

Tapscott, D. (1997). The digital economy : promise and peril in the age of networked intelligence. New York: McGraw-Hill.

Zimmerman, H.-D. (2000). Understanding the Digital Economy: Challengers for New Business Models (Paper 402).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jalan Surya Kencana 1 Pamulang Barat
Pamulang Kota Tangerang Selatan Banten 15417
Phone: +62 815-9645-512
Email: dosen01544@unpam.ac.id

 


 

 

Supported By

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.