Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android

Amrulloh Amrulloh, Ari Mulyoto

Abstract


Pada umumnya anak-anak usia dini cendrung suka bermain dari pada belajar. Agar anak usia dini tertarik untuk belajar maka perlu cara atau sarana yang sesuai dengan tingkat usianya. Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang memasuki masa peka bagi anak Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosi, konsep diri, disiplin, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal. Media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini saat ini adalah media pembelajaran interaktif yaitu belajar sambil bermain. Untuk itu tujuan dari penelitian ini membuat aplikasi animasi pembelajaran interaktif berbasis android. Aplikasi ini akan memberikan pelajaran tentang pengenalan fasilitas umum, rambu-rambu lalu lintas, huruf hijaiyah, profesi pekerjaan dan alat transportasi kepada anak usia dini. Hasi dari penelitian ini, adanya aplikasi animasi pembelajaran interaktif pada PAUD, para murid tidak merasa bosan lagi dalam belajar dan lebih cepat menghafal. Para guru pun lebih fokus dalam mengajar dan waktu belajar mengajar menjadi lebih efisien.

Keywords


Animasi; pembelajaran interaktif; anak usia dini; android

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/informatika.v1i2.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amrulloh Amrulloh, Ari Mulyoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed in:







Supporting tools:

Turnitin Grammarly Mendeley

Powered By:

Universitas Pamulang

Flag Counter

Jurnal Informatika Universitas Pamulang (ISSN: 2541-1004 e-ISSN: 2622-4615)
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License