Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Indra Cahya Firdaus

Abstract


Media penelitian yang digunakan adalah survey dan eksperimen dengan media analisis teatment by level. Jenis pungujian yang digunakan adalah Anova Dua Arah. Eksperimen dilakukan pada dua kelompok/sampel dimana masing-masing kelompok diberi perlakuan (treatment) yang berbeda. Kelompok pertama diajar dengan menggunakan media pembelajaran pesona matematika; sedangkan kelompok kedua diajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Masing-masing kelompok dibagi lagi menjadi dua kategori menurut Konsep Diri; yaitu kelompok yang mempunyai Konsep Diri kategori tinggi dan kelompok yang mempunyai Konsep Diri kategori rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media pembelajaran; dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dan Konsep Diri terhadap hasil belajar matematika siswa; khususnya untuk siswa XI MA. Ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh penggunaan penggunaan media pembelajaran pesona matematika dan Konsep Diri terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


Multimedia;E-Learning;Media pembelajaran pesona matematika; Konsep Diri; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indra Cahya Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed in:

                                 



Supporting tools:

Turnitin Grammarly Mendeley

Powered By:

Universitas Pamulang

Flag Counter

Jurnal Informatika Universitas Pamulang (ISSN: 2541-1004 e-ISSN: 2622-4615)
Copyright © 2016-2019 Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License