Editorial Policies

Focus and Scope

JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: sosial, kependidikan, teknologi, sains, hukum, bahasa, ekonomi dan kewirausahaan dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

1. Artikel-artikel yang dipublikasikan di JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) di-review oleh mitra bestari.

2. Review jurnal menerapkan sistem double blind review.

3. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan pada Turnitin.

4. Dalam melakukan review, reviewer mempertimbangkan: kebaruan topik, objektivitas, metode, dampak/ implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi. Memlih salah satu rekomendasi akhir yaitu:

  • Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan
  • Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing.
  • Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang.
  • Resubmit elsewhere: naskah ditolak dan disarnkan untuk diserahkan kepada jurnal lainnya.
  • Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat.
  • See comments: dibutuhkan revisi sesuai saran reviewer (berbentuk rekomendasi)

5. Penerimaan sebuah artikel oleh Editor tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.

 

Publication Frequency

Jurnal Pengabdian Dharma Laksana diterbitkan secara periodik dua kali dalam setiap volume yaitu bulan Juni dan Januari.

 

 

Archiving

JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) memberikan akses jurnal secara terbuka kepada pengunjung.

Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap di jurnal ini tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative.

JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) oleh LPPM Universitas Pamulang dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Etika Publikasi

Berikut ini merupakan ketetapan etika untuk JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) yang dipublikasikan oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang. Penetapan etika ini merupakan adaptasi dari COPE Code of Conduct pada pedoman COPE’s Best Practice Guidelines

Editor Jurnal JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) memiliki komitmen untuk menjamin keterlaksanaan seluruh prosedur yang terarah untuk mewujudkan proses intelektual yang objektif. Para editor dan mitrabebestari/reviewer melakukan evaluasi naskah tanpa melihat suku, agama, ras, dan antar golongan. Software Palagiarism Checker X digunakan untuk menghindari plagiarism pada seluruh artikel.

Tugas Penulis

  1. Bertanggungjawab memastikan orisinalitas dan kebaruan naskah yang diserahkan.

  2. Tidak melakukan produksi ulang hasil karya yang sebelumnya telah dipublikasikan pada jurnal lainnya.

  3. Tidak menyerahkan naskah yang sedang di-review atau diproses oleh jurnal Dharma Laksana ke jurnal lain secara bersamaan.

  4. Hanya diperbolehkan untuk mempublikasikan naskah setelah mendapatkan penolakan secara formal dari Jurnal Dharma Laksana atau permintaan pencabutan naskah telah diterima secara resmi oleh Jurnal Dharma  Laksana.

  5. Diharuskan untuk menginformasikan Editor atau Pengelola Jurnal bila terdapat kesalahan data pada naskah yang dipublikasikan, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan atau pencabutan artikel.

  6. Harus melakukan kontribusi secara signifikan dan dapat dimintai pertanggungjawaban atas kekurangan pada karya yang dihasilkan.

Tugas Mitra bestari/Reviewer

  1. Harus melepaskan segala kepentingan pribadi sebelum menyetujui untuk melakukan review naskah.

  2. Berhak menolak untuk mereview naskah dengan alasan pengetahuan yang tidak memadai atau menghindari konflik kepentingan.

  3. Mereview seluruh naskah dengan objektif, adil, dan profesional.
  4. Mengungkap semua pelanggaran etika yang ditemukan dan dilaporkan kepada Editor untuk ditindaklanjuti.

  5. Harus memastikan orisinalitas naskah dan mewaspadai terhadap tindakan plagiarism dan publikasi yang dilebih-lebihkan.

  6. Tidak diperkenankan mendiskusikan konten naskah tanpa izin.

  7. Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review. Permintaan perpanjangan untuk meninjau penyerahan adalah atas pertimbangan Editor.

Tugas Staff Editor

  1. Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan perbaikan jurnal.

  2. Bertindak sebagai duta bagi Jurnal Dharma Laksana

  3. Secara terus-menerus mendukung dan mempublikasikan Jurnal Dharma Laksana.
  4. Meninjau semua pekerjaan yang ditugaskan.

Tugas Ketua Editor

  1. Mengevaluasi naskah secara adil dan semata-mata atas kelayakan intelektual.
  2. Memastikan kerahasiaan naskah dan tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah kepada orang lain selain orang-orang yang terlibat dalam proses publikasi.

  3. Memiliki tanggung jawab dalam menentukan artikel dan waktu publikasi.

  4. Secara aktif mencari pandangan Editor, Reviewer/Mitrabebestari, dan penulis mengenai bagaimana memperbaiki/meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.

  5. Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor mengenai proses penyerahan naskah dan apa yang diharapkan dari penulis.

  6. Memastikan pemilihan/ pendeteksian reviewer/ mitrabestari yang tepat untuk proses review.

 

Manajemen Referensi

JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) dalam menulis sitasi dan daftar pustaka menggunakan Software Manajemen Mendeley.

 

Biaya Publikasi

Publikasi artikel pada JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) sebesar Rp. 200.000,- setelah dinyatakan diterima.

 

Pengecekan Plagiarisme dan Similarity

Setiap naskah yang masuk ke redaksi JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) akan diproses screening plagiarism menggunakan Turnitin.