Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pengabdian Dharma Laksana?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN UMUM. Naskah harus berupa tulisan asli mengenai hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut meliputi implementasi hasil penelitian, aplikasi teknologi tepat guna, diseminasi inovasi, dan pengembangan model pemberdayaan masyarakat. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah internasional maupun nasional. Naskah harus mengikuti format yang ditentukan dalam jurnal ini.

CAKUPAN. Naskah yang dapat diterima berhubungan dengan pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: sosial, kependidikan, teknologi, sains, hukum, bahasa, ekonomi dan kewirausahaan dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.

PENGIRIMAN. Penulis diminta mengirimkan satu eksemplar naskah asli beserta dokumen (softfile) dari naskah asli tersebut yang harus disiapkan dengan program Microsoft Word. Naskah dan softfile dikirimkan kepada:

Redaksi Jurnal Pengabdiaan Dharma Laksana

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pamulang (LPPM-UNPAM)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Tangerang Selatan Banten.  Pos 15417

E-mail: jpdl@unpam.ac.id

FORMAT TULISAN. Naskah diketik dua spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan marjin 2 cm dan huruf bertipe Arial berukuran 11 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan Tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah. Naskah ditulis tidak lebih dari 20 halaman (termasuk Gambar dan Tabel).

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, judul artikel harus spesifik dan efektif (maksimal 15 kata)

  2. Nama Lengkap Penulis, Nama penulis lengkap tanpa gelar, penulis korespondensi dilengkapi nomor telepon/handphone, e-mail,

  3. Nama Lembaga/Institusi: disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos

  4. Abstrak:dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris, masing-masing tidak lebih dari dari 250 kata.

  5. Kata Kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata yang diletakkan di bawah abstrak/abstract dan kata kunci dituliskan menurut abjad..

  6. Pendahuluan: berisi latar belakang kegiatan yang dilakukan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Pada pendahuluan ini juga disertakan tujuan kegiatan yang dituliskan pada akhir bab.

  7. Metode: berisi lokasi dan partisipan ke-giatan, bahan dan alat, metode pelaksanaan kegiatan, metode pengumpulan data, pe-ngolahan dan analisis data.
  8. Hasil dan Pembahasan: disajikan dalam bentuk teks, Tabel maupun Gambar. Hasil dan pembahasan berisi pelaksanaan ke-giatan, kendala yang dihadapi, dampak, dan upaya keberlanjutan kegiatan.

  9. Kutipan langsung dalam naskah disajikan dalam tanda kutip dan diberikan keterangan pada footnote (catatan kaki).

  10. Simpulan: memuat makna hasil kegiatan dan jawaban atas tujuan kegiatan serta saran atau rekomendasi kebijakan untuk ke-berlanjutan program.

  11. Ucapan Terima Kasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana kegiatan yang hasilnya di-laporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi.

  12. Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan dan diutamakan menggunakan pustaka primer. Cara pe-nulisannya seperti contoh berikut ini:

 

Penulisan acuan dari jurnal:

Bell JD, Bartley DM, Lorenzen K, Loneragan NR. 2006. Restocking and stock enhancement of coastal fisheries: Potential, problems and progress. Fisheries Research. 80(1): 1–8.

Penulisan acuan dari buku:

Gray JS, Elliott M. 2009. Ecology of Marine Sediment. Oxford (GB): Oxford University Press.

Penulisan acuan dari prosiding:

McKenzie LJ,  Yoshida RL. 2009. Seagrass-watch. In: Proceedings of a Workshop for Monitoring Seagrass Habitatsin Indonesia. The Nature Concervancy, Coral Triangle Center, Sanur, Bali, 9th May 2009

Penulisan acuan dari tesis/disertasi:

Maihasni. 2010. Eksistensi tradisi bajapuik dalam perkawinan masyarakat Pariaman Minangkabau Sumatera Barat. [Disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Penulisan acuan dari internet:

Savage E, Ramsay M, White J, Bread S, Lawson H, Hunjan R, Brown D. 2005. Mumps outbreaks across England and Wales in 2004: observational study. BMJ [Internet]. [diunduh 2010 Des 28];330(7500): 1119-1120. http//bmj.bmjjournals.com/cgi/reprint/330/7500/1119.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah ini merupakan karya original dari penulis dan bebas dari unsur plagiasi. Berikan keterangan apabila bagian dari naskah artikel ini pernah dipublikasikan di seminar atau konferensi.

  2. Naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN, kecuali dalam bentuk abstrak, bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan.

  3. Naskah saat ini tidak sedang dalam proses editorial untuk publikasi di tempat lain.

  4. Naskah merupakan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh individu atau kelompok di bawah lembaga atau pusat penelitian dan pengabdian atau institusi resmi lainnya.

  5. Naskah telah memenuhi etika dan kaidah penulisan ilmiah secara umum, serta telah mengikuti panduan penulisan yang ditetapkan jurnal ini.

 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.

  2. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.

  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

Nama, alamat email, dan data lain yang di-input ke website JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana) ini hanya akan digunakan secara eksklusif untuk kepentingan editorial jurnal dan tidak akan digunakan untuk kepentingan lain dan/atau untuk pihak lain yang tidak berkaitan dengan tim redaksi jurnal.