Program Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Digital Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Amal
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13180Keywords:
Bimbingan Teknis, Pemanfaatan Perpustakaan DigitalAbstract
Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam Pemanfaatan Perpustakaan Digital tersebut, dimana Pemanfaatan teknologi informasi secara efektif dan efisien, Pelayanan yang maksimal, Adanya Pustakawan Kreatif, serta Menghasilkan Produk yang bermanfaat dan dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai Definisi Perpustakaan Digital (Digital Library), Karakteristik Perpustakaan Digital,Konsep Perpustakaan Digital, serta manajemen dalam strategi pemanfaatannya sehingga akan memberikan dampak peningkatan pengetahuan terhadap para tenaga pengajar, tenaga administrasi serta dapat diaplikasikan dan disebarluaskan kepada insan SMPIT Nurul Amal. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam Sosialisasi Program Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Digital dalam upaya mewujudkan Tenaga Pengajar dan Tenaga Administrasi yang handal.
References
Adam, W. (2016). Student Perception on a Student Response System Formed by Combining Mobile Phone and a Polling Website. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 12(1)
Adisel, A. (2019). Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 105-112. Education (Science Direct, Computer & Education 50, 2008)
Evans, C. (2008). The Effectiveness of M- Learning in the Form of Podcast Revision Lectures in Higher
Haque, M. G., Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.
Prawiradilaga, D. S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Samuel, M., Mugoniwa, B., Furusa, S. S., & Rebanowako, T. G. (2016). An Analysis of the Use of Cloud Computing among University Lecturers: A Case Study in Zimbabwe. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 12(1)
Sutrisno, S., Abidin, A. Z., Winata, H., Harjianto, P., & Sunarsi, D. (2020). Penyuluhan Pengelolaan covid Sederhana Siswa SMA 6 Tangerang Selatan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 67-71.
William, W. S., Forsman, A., & Yan, J. (2015). An E-Curriculum Based Systematic Resource Integration Approach to Web-Based Education. International Journal of Information and Education Technology, 5(7).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).