Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Kartini Surabaya

Authors

  • Dwi Bhakti Iriantini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Wiwik Herawati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Giyana Giyana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13185

Keywords:

Kewirausahaan

Abstract

Kewirausahaan merupakan bidang yang masih kurang diminati oleh kalangan remaja.walaupun upaya yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah dan pihak swasta sudah banyak, namun masih perlu dukungan banyak pihak, Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini pada siswa. Diharapkan pada waktu yang akan datang para siswa menjadi wirausahawan yang handal dan professional.Kegiatan ini dilakukan oleh team pengabdi masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan bekerja sama dengan Kepala Sekolah SMKKartini Surabaya, dari bulan Maret 2021 sampai bulan Agustus 2021. Jumlah siswa yang dibina dalam kewirausahaan sebanyak 35 orang, metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan pelatihan kewirausahaan disertai contoh pembuatan produk makanan frozen. Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan pemberian  materimembangun jiwa kewirausahaan.

References

Akbar, I. R., et al. (2021). Peningkatan Minat Wirausaha Pada Siswa SMK Muhammadiyah Parung Kabupaten Bogor. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2).

Ardista.2014. Generasi Millennial dalam Era Ekonomi Kreatif. Diakses melalui: http://news.indonesiakreatif.net/gen-millennial

Arsdel, Michael, Robert. Quality and Stability of Frozen Foods: Time- Temperature Tolerance and its Significance. Pg. 67-69

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dewanti, R. N., et al. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Keterampilan Sablon Pigment Pasta Manual Di Karang Taruna 03 Desa Cisauk. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(1).

Erlangga, H, et al. (2019). Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Modise Busana Sejati Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4).

Howkins, John. 2001. The Creative Economy. Inggris: Penguins Book Hisrich,,RD Peters, dan Sheperd DA ( 2008 ), Kewirausahaan edisi 7, EdisiBahasa Indonesia ,Jakarta,Salemba Empat

Mathlouthi, M. Food Packaging and Preservation. Pg 112-115

Mutis, T. (1995).Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: PT Grasindo.

Rachbini, D.J. (2001). Pengembangan Ekonomi & Sumber Daya Manusi a, Penerbit Grasindo, Jakarta

Smithers, Rebecca (February 10, 2012). "Sainsbury's changes food freezingadvice in bid to cut food waste". The Guardian.

Suryana. (2003). Kewirausahan: Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses (Edisi Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

Tressler, Evers, Evers. Into the Freezer - and Out. Pg 56.

Tressler, Evers. The Freezing Preservation of Foods Pg 213-217.

Yusuf, Nasrullah(2006), Wirausaha dan usaha kecil, Jakarta,Modul PTKPNF,Depdiknas

Zakiul.J. 2014.Indonesia dalam Menghadapi Era Baru Ekonomi Kreatif.Diakses melalui:http://news.indonesiakreatif.net/era-ekonomi-kreatif.

Downloads

Published

2021-09-20