Pelatihan Manajemen Strategi Harga Dalam Rangka Pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Melalui Webinar

Authors

  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan
  • Angga Ranggana Putra Universitas Pertamina
  • Rini Adiyani Universitas Tunas Pembangunan
  • Suyamto Suyamto Universitas Tunas Pembangunan
  • Abdullah Zailani Universitas Tunas Pembangunan
  • Suharyoko Suharyoko Universitas Tunas Pembangunan
  • Maha Martabar Mangatas L Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23435

Keywords:

Pelatihan Kewirausahaan, Manajemen, Strategi Harga

Abstract

Pengembangan dan pelatihan kewirausahaan menjadi perhatian penting pada perguruan tinggi yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter wirausaha, menciptakan insisasi berfikir yang kreatif dan inovatif, dan diharapkan dapat menhadirkan values agar mahasiswa mampu memanfaatkan peluang yang ada dan berani mengambil resiko dalam berproses. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membina mahasiswa yang berada pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta agar dapat memahami secara teori dan mampu mempraktikan langsung mengenai manajemen strategi harga pada bidang wirausaha yang ditekuni mahasiswa. Pelatihan ini berlangsung dengan bertahap, meliputi : kegiatan pertama, mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai manajemen strategi harga, kemudian dilanjutkan kegiatan kedua, aktifitas diskusi yang difokuskan pada upaya peningkatan pemahaman realistis pada dunia usaha melalui kajian beberapa kasus yang terjadi pada praktik usaha. Kemudian pada kegiatan ketiga : mengadakan evaluasi proses kegiatan yang telah berlangsung. Evaluasi dilakukan dalam bentuk presentasi desain usaham yang akan dilaksanakan setelah mendapatkan materi dari kegiatan pertama dan kedua. Pada kegiatan ini telah melahirkan usaha mandiri mahasiswa, meliputi : HandSanitizer, Masker Batik, Taho Krispy, Pangsit Milenial.

References

Adiyani, R., Muzakki, M. H. N., Widodo, Z. D., & Putra, A. R. (2021). Social Media Strategy to Improve Brand Image: in the Context of Students’ Decision Making. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 12(3), 211–222.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh citra merek melalui sikap konsumen terhadap niat beli ulang pada produk busana muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553–569.

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.

El Hasan, S. S., Maden, M., & Misa, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Bussiness Plan Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Mekarsari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 37-43.

Erita, Y. (2020). Pedoman Mahasiswa Pembelajaran Kewirausahaan. IRDH Book Publisher.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 291–314.

Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. In Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1, pp. 112–119). STIE MDP.

Pratomo, L. A., Esya, L., Ekasari, A., Rahmawati, U. N., & Ameliana, W. C. (2021). Pelatihan Dalam Menetapkan Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Dan Jasa dari UKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 165-171.

Priyanto, S. H. (2009). Mengembangkan pendidikan kewirausahaan di masyarakat. Jurnal PNFI, 1(1), 57–82.

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 89–97.

Simanjuntak, M., Chandra, E., Sahir, S. H., Sitorus, S. A., Sugiarto, M., Cecep, H., … Purba, S. (2021). Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(2), 114–123

Sunarsi, D. (2016). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Downloads

Published

2022-08-10