KOMPETENSI PENDIDIK MELALUI METODE MIND MAPPING PADA TENAGA PENGAJAR DI YAYASAN ISKANDARIYAH TANGERANG SELATAN

Deni Darmawan, Anugrah Sapto Hadi, Edi Junaedi, Ismul Bathni, Turkamun Turkamun

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan  dari  kegiatan  Pengabdian  Kepada  Masyarakat  (PKM)  yang  kami  laksanakan adalah sebagai bentuk implementasi salah satu Tridharma perguruan tinggi. Diharapkan dengan diadakannya pengabdian kepada masyarakat, keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembang dan penerapan keilmuan kepada masyarakat.

Kegiatan PKM ini terkait dengan penguasaan metode dalam proses belajar-mengajar yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Metode pembelajaran yang baik akan memberikan pemahaman yang utuh kepada peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang berbasis pada konsep peta pemikiran (Mind Mapping) merupakan cara belajar yang menggunakan konsep pembelajaran yang menyeluruh (komprehensif total- Mind Learning-TML). Metode pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) adalah salah satu metode pembelajaran yang dikembangan oleh Tony Buzan.

Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bersifat pelatihan dan penyuluhan  dengan  metode  ceramah,  diskusi  dan  Tanya  jawab.  Setelah  materi  diberikan, seluruh peserta bisa berbagi mengenai permasalahan yang dihadapi dan bagaimana mengatasinya. Harapannya agar  tenaga  pendidik  di  Yayasan  Iskandariyah  terwujudnya  pendidikan  yang bermutu, ditopang dengan kemampuan tenaga pendidik yang kredibilitas dan professional, dan mempunyai kemampuan yang baik sehingga bisa membawa dampak peningkatan iklim belajar- mengajar yang bermutu.

Yayasan Pendidikan Islam Iskandariyah mempunyai satuan unit pendidikan Islam, mulai dari TK, Madrasah, MTS dan MAN. Tenaga pendidik di Yayasan Iskandirayah perlu diberikan peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk semua tenaga pendidik. Hasil kegiatan diharapkan agar pendidik Yayasan Iskandariyah mendapatkan pemahaman tentang metode pengajaran Mind Mapping, cara dan bagaimana implementasinya di dalam kelas. Dengan Kegiatan ini kompetensi pendidik melalui metode mind mapping di yayasan Iskandariyah semakin meningkatan.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Metode Mind Mapping, Tenaga Pengajar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v2i2.3971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 LPPM Unpam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.