BERKREASI MEMBUAT KERAJINAN TANGAN SEKALIGUS MENGURANGI SAMPAH BOTOL PLASTIK

Ferry R. P. P. Sitorus, Alfred A. M. Padwa

Abstract


Berbagai peristiwa banjir di Kota dan Kabupaten Jayapura pada Februari dan Maret tahun ini telah menyebabkan sejumlah kerugian. Sejumlah kerugian tersebut berupa harta benda, rumah hingga nyawa. Peristiwa banjir ini dicoba dicarikan solusinya setidaknya dengan mengurangi kemungkinan terjadinya banjir kembali.

Dengan berbagai penyebab banjir yang ada, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini lebih fokus pada sampah botol plastik yang dibuat oleh manusia. Berbagai sampah botol plastik ini diolah dan dijadikan kerajinan tangan yang berguna sekaligus mengurangi jumlah sampah yang ada khususnya sampah botol plastik.

Lokasi kegiatan pada masyarakat ini dilakukan di kompleks Perumahan Umum Polda Bhayangkara Kampung Waena Distrik Heram. Kesimpulan pertama adalah telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat di wilayah kompleks Perumahan Umum Polda Bhayangkara Kampung Waena Distrik Heram selama 6 hari dari akhir Juni hingga awal Juli 2019. Kesimpulan kedua adalah dilakukan kegiatan pengabdian melalui kerajinan tangan ini diikuti oleh para peserta di wilayah kompleks Perumahan Umum Polda Bhayangkara Kampung Waena Distrik Heram ini. Kesimpulan ketiga adalah dengan telah dilakukannya kegiatan pada masyarakat ini setidaknya telah menggunakan sejumlah bahan dari sampah botol minuman plastik yang dikumpulkan dari wilayah sekitar kompleks Perumahan Umum Polda Bhayangkara Kampung Waena Distrik Heram. Dengan menggunakan sejumlah sampah botol minuman plastik yang beraneka ragam bentuk dan warnanya maka melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini telah berupaya dalam mengurangi volume sampah di sekitar wilayah perumahan ini.

Kata Kunci : Kreasi, Kerajinan Tangan, Botol Plastik


Keywords


Kreasi; Kerajinan Tangan; Botol Plastik

Full Text:

PDF

References


A Sobarna, S Hambali, S Sutiswo, D Sunarsi. (2020). The influence learning used ABC run exercise on the sprint capabilities. Jurnal Konseling dan Pendidikan 8 (2), 67-71

Anindita, Galih. Setiawan, Edy. Asri, Purwidi. Sari, Devina Puspita. (2017). Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kain Perca Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Seminar MASTER PPNS 2548-6527 (online), h. 174-176.

Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7

Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06

Sarwani, S. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga (Tinjauan Pendidikan Karakter Berspektif Islam). Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 42(1), 19-19

Sunarsi, D. (2019). The Analysis of The Work Environmental and Organizational Cultural Impact on The Performance and Implication of The Work Satisfaction. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 113-122.

Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.

Sunarsi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.

Sunarsi, D., Kustini, E., Lutfi, A. M., Fauzi, R. D., & Noryani, N. (2019). Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(4), 188-193.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.