PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI LOGARITMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA ANTARTIKA SIDOARJO

Authors

  • Hanim Faizah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dede Fauziah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jsmu.v4i1.14623

Keywords:

Hasil belajar matematika, Media video pembelajaran, Penelitian Kuantitatif

Abstract

Dalam pembelajaran matematika media pembelajaran yang digunakan dapat beragam.  Dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi siswa diharap mampu lebih tertik pada saat mengikuti pembelajaran. Salah satunya ialah dengan menggunakan media video pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental. Populasi yang digunakan adalah  siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yang memperoleh dua kelas yaitu kelas X-A dan X-B. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan  uji-t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari data didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA Antartika Sidoarjo. Nilai Rata-rata siswa yang menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran secara saintifik. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan alternatif pembelajaran yang efektif di kelas.

References

Alamah, U., Thohari, M. I., & Lismanda, Y. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Social Distancing di SMKN 5 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 134–143. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7720

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Arsyad, A. (2014). Bab ii kajian teori. Bab II Kajian Teori.

Arsyad, A. (2016). pengertian video. Materi Carego.

Ayuningrum, F. (2012). Pengembangan media video pembelajaran untuk siswa kelas x pada kompetensi mengolah. (Skripsi) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. In Repositori Riset Kesehatan Nasional.

Cangara, H. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi (Cetakan Keempat). In Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Faizah, H., Susilohadi, Prayitno, L. L., Ladyawati, E., & Mutianingsih, N. (2021). WORKSHOP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS APLIKASI VIDEO CONFERENCE. Padi-Jurnal Pengabdian Dosen Indonesia, 4, 7–12.

Kalogeropoulos, P., Roche, A., Russo, J., Vats, S., & Russo, T. (2021). Learning Mathematics From Home During COVID-19: Insights From Two Inquiry-Focussed Primary Schools. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(5), 1–16. https://doi.org/10.29333/ejmste/10830

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Prayitno, S. H., Faizah, H., Wantika, R. R., & Purwasih, S. M. (2017). Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika (D. D. Septiadi (ed.)). Unipa University Press.

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Developing Web-Assisted Interactive Media to Improve Mathematical Creative-Thinking Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 211–226. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6505

Rayanda Asyar. (2012). Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. In ZonaReferensi.com.

Sofyan, G. A. (2019). Pengembangan buku digital pada materi komunikasi dalam jaringan mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x smk perwari tulungagung. OEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(1), 55–65.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Paikem. In Kumpulan Metode Pembelajaran.

Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 122–127. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882

Wibowo, E. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. … -Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan …, 2(1), 75–78. http://ejournal.unsa.ac.id/index.php/seruni/article/view/698

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Published

2021-01-01

Issue

Section

Articles