EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (Eksperimen pada SMK Islam se-Kota Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1603Keywords:
Media Pembelajaran, Penalaran Matematika, Komunikasi Matematika, ManovaAbstract
Pemanfaatan media belajar yang tepat akan mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan bernalar dan komunikasi matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan statistik MANOVA (Multivariate Analysis of Varians). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap kemampuan bernalar dan komunikasi matematika peserta didik secara multivariat, dengan nilai sig. = 0,037. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap kemampuan bernalar matematika peserta didik, dengan nilai sig. = 0,030. (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik, dengan nilai sig. 0,461. Penggunaan media pembelajaran lebih efektif dalam membangun kemampuan penalaran matematika siswa dibanding kemampuan komunikasi siswa. Dalam membangun kemampuan bernalar dan komunikasi matematika, penggunaan media pembelajaran berupa media berbasis TIK lebih efektif dibanding menggunakan media alat peraga.
References
Anderson, Jonathan. 2010. ICT Transforming Education. Bangkok, Thailand: UNESCO
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
_______________. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kurniawan, Albert. SPSS : Serba-Serbi Analisis Statistika Dengan Cepat dan Mudah. Jasakom
Munir. 2007. Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: UPI
NCTM. 2000. Principles And Standards For School Mathematics. USA: nctm.org
Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK
___________. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPPTK
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2006. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA-UPI
Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian (Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif). Jakarta: Change Publication.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Alhamuddin. Pemanfatan Media Pembelajaranberbasis ICT Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
http://jurnal.upi.edu/file/PEMANFATAN_ICT_DALAM_PEMBELAJARAN.pdf.
Herminingsih, Tri Retno. 2010. Tesis : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Vcd Dan Media Cetak Terhadap Prestasi Belajar Biologi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa SMP (Penelitian Pada Siswa SMPN 1 di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2008/2009 )
Ismaniati, Christina. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This content licensing is in accordance with a CC license: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ CC-BY-NC-SA.